Parade Budaya HUT ke-14 Mangupura Tampilkan Wayang Ental dan Barong Pis Bolong

(Last Updated On: )
Pagelaran Wayang Ental yang ikut memeriahkan parade budaya serangkaian HUT ke-14 Mangupura 

 

MANGUPURA-Fajarbali.com | Perayaan hari jadi Ibu Kota Mangupura tidak hanya dimeriahkan oleh sejumlah artis nasional , kegiatan seni, adat dan budaya juga dihelat di kawasan Puspem Badung. Untuk kegiatan seni tradisional, Pemerintah kabupaten Badung melalui Pasikian Yowana MDA Kabupaten Badung melaksanakan parade budaya yang dilaksanakan, Jumat (20/10). 

Mangala Pasikian Yowana MDA Kabupaten Badung, dr. I G Prayoga Mahardika mengatakan, terkait parade budaya yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Ke-14 Mangupura ini, dibuka dengan tarian wayang ental dan tari barong dari ental, barong dari uang kepeng dan barong dari ijuk. “Jadi ada tiga barong yang kita libatkan disini setelah itu baru kita mulai dengan parade gebogan dan ditutup dengan kostum karnaval serta parade adi merdangga,” ujarnya. 

Lebih lanjut Mahardika mengatakan, tarian tiga barong dalam parade budaya ini adalah melambangkan tiga konsep diantaranya energy atau banaspati atau barong yang agak merah. Dari energi ini timbul ilmu pengetahuan yakni barong lontar. Energi bersatu dengan ilmu pengetahuan akan menimbulkan kesejahteraan yakni barong uang kepeng atau pis bolong. “Jadi ini konsep Angelus Bhuana, bapak Bupati Badung. Nanti pas pembukaan barong memberikan kendi yang berisi uang kepeng dan beras dan nanti ditebar oleh Bupati Badung. Karena Bupati sebagai pimpinan di Badung ini menyebarkan kemakmuran kepada masyarakat tidak hanya di Badung , tapi di Bali juga,” ungkapnya. 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Gede Sudarwitha mengatakan, Ini salah satu bentuk kreativitas dari Yowana di Kabupaten Badung. “Mudah-mudahan kegiatan seni budaya ini menambah warga dalam kegiatan HUT Ibu Kota Mangupura. Hal ini juga tidak hanya sebatas kegiatan seremonial saja, jadi semua komponen masyarakat ikut terlibat dalam perayaan hari jadi ibu kota yang kita cintai ini,” terangnya.W-004

 

 

 

Next Post

Bapenda Badung Buka Pelayanan PBB-P2 dan BPHTB pada Pesta Rakyat HUT ke-14 Mangupura

Sab Okt 21 , 2023
Dibuka selama dua hari penuh mulai pukul 09.00 Wita – 22.00 Wita.
Screenshot_20231021_175636_Gallery

Berita Lainnya