Pangdam Baru Disambut dengan Tradisi Tepung Tawar

DENPASAR-fajarbali.com | Upacara penyambutan Panglima Kodam IX Udayana yang baru, Mayjen TNI Benny Susianto berlangsung di Base Off Lanud I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Selasa (16/1/2018) sekitar pukul 10.30 Wita. Jenderal bintang dua di pundak itu disambut tradisi tepung tawar.



Diketahui, tradisi tepung tawar mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana serta menyucikan secara lahir batin bagi pejabat baru dengan harapan agar dalam mengemban tugas terhindar dari segala rintangan, gangguan, mara bahaya dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu, Mayjend TNI Benny Susianto tiba di makodam IX/Udayana dan kemudian dilaksanakan tradisi Penciuman Pataka sebagai tanda pengukuhan menjadi prajurit Kodam IX/Udayana yang memiliki lambang kebesaran dan panji-panji kehormatan berupa Pataka Kodam IX/Udayana (Praja Raksaka) yang mengandung makna sebagai prajurit pelindung dan pengayom rakyat.

Dalam wawancara dengan awak media, alumnus Akademi Militer tahun 1987 ini menegaskan akan melanjutkan program yang sudah dirancang Pangdam sebelumnya (Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak). Terlebih menjelang Pilkada serentak 2018, mantan Wadanjen Akademi TNI ini berpesan kepada seluruh prajurit agar selalu siap karena tugas yang dihadapi selama Pilkada tidak ringan.

“Khusus di wilayah KodamIX/Udayana ada tiga pemilihan Gubernur secara bersamaan dan juga beberapa Bupati dan Walikota. Ini yang harus kita manage. Kami akan mengerahkan kekuatan secara maksimal dalam melaksanakan pengamanan dan juga reorganisir satuan-satuan di Kodam IX/Udayana untuk mampu mendukung pelaksanan Pilkada,” tegasnya.

Mayjend Benny mengingatkan kepada jajarannya agar selalu menjaga netralitas sebagaimana kebijakan Pimpinan TNI AD. “Komitmen TNI tetap netral dan kami berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga institusi TNI agar tidak masuk politik praktis,” harapnya.

Sementara, Pangdam lama Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada jajarannya dan masyarakat Bali Nusra atas dukungan dan kerjasamanya selama ini.

“Selama 8 bulan saya menjabat, masyarakat Bali Nusra sangat menyatu dengan TNI. Setiap kegiatan yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana selalu dihadiri masyarakat secara massif,” ucap Komaruddin Simanjuntak yang memasuki masa pensiun ini. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Eka Resmikan Gedung Keserasian Sosial

Rab Jan 17 , 2018
TABANAN-fajarbali.com | Guna berupaya menciptakan kehidupan bermasyarakat yang serasi dan harmonis, Pemerintah Kabupaten Tabanan bekerjasama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia, merealisasikan pembangunan Gedung Keserasian Sosial di Tabanan, tepatnya di Banjar Umadiwang, Desa Batannyuh, Belayu, Marga, baru-baru ini.