Padi di Subak Sangkaragung Jembrana Diserang Wereng

Serangan hama wereng terjadi di Subak Sangkaragung. Kondisi ini menyebabkan dilakukan panen lebih awal dan dipastikan produksi gabah merosot. Tanaman padi di subak dengan luas hektaran, diserang hama wereng dengan umur padi baru sekitar 70 hari.

NEGARA-fajarbali.com | Nyoman Pasek salah seorang petani di subak Sangkaragung Selasa (2/1)  mengaku mestinya masa panen sekitar 2 minggu lagi atau 90 – 100 hari. “Hampir setengah tanaman padi di subak ini diserang wereng sehingga para petani memilih panen lebih awal,” jelasnya. Setelah dihinggapi hama wereng,biasanya tanaman padi jadi kehitaman khususnya pada bulir padi menjadi kosong.” bila bulir padi jadi kosong,produksi gabah jadi menurun,” ujar Pasek.

Jika pada takaran normal , peare bisa mencapai 70 kg. Tetapi akibat hama wereng ini, biasanya produksi gabah 50 kg atau 60. Dia mengaku sebagai petani penggarap di sawah seluas 50 are. “Selain harga jadi murah, produksi gabah menurun, karena sebenarnya belum waktunya panen,” terangnya. Dia juga menyebutkan bila panen normal, padi jenis chiherang ini biasanya laku Rp 300 ribu, namun karena serangan hama diperkirakan laku hanya Rp 200 ribu perare.(prm)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pamer AK 47 di FB, Wibawa Dipenjara 3 Bulan

Rab Jan 3 , 2018
DENPASAR-fajarbali.com | Gara-gara pamer senjata di akun facebook untuk gagah-gagahan, I Ketut Sri Subawa alias Wibawa (37) harus menerima ganjaran bui. Pada sidang dengan Majelis Hakim pimpinan I Gede Ginarsa, pria bertato yang sebelumnya pernah bekerja sebagai satpam di salah satu swalayan di Denpasar, ini Selasa (2/1/2018) akhirnya diganjar dengan […]

Berita Lainnya