Olimpiade Sekolah PGRI Perdana 2023, Bali Target Juara

YPLP Provinsi PGRI Bali dipastikan mengirim kontingen-kontingen terbaiknya di setiap cabang yang dilombakan

(Last Updated On: )

FOTO: Rapat terbatas YPLP Kabupaten PGRI Badung mengenai persiapan Olimpiade Sekolah PGRI Ke-1 Tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan, September 2023 mendatang.

 

MANGUPURA – fajarbali.com | Untuk kali pertama, Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP PGRI) Pusat menggelar Olimpiade Sekolah PGRI tahun 2023 di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, 7-10 September mendatang.

YPLP Provinsi PGRI Bali dipastikan mengirim kontingen-kontingen terbaiknya di setiap cabang yang dilombakan dari perwakilan persekolahan PGRI sembilan kabupaten/kota. Bali siap bertanding melawan kontingen dari YPLP PGRI Provinsi se-Tanah Air.

Demikian terungkap saat rapat terbatas persiapan olimpiade PGRI tingkat nasional tersebut, yang digelar pengurus inti YPLP Kabupaten PGRI, di Ruang Rapat SMK PGRI 1 Badung, Jl. Leko, Latu Gerih, Abiansemal, Badung, Jumat (30/6/2023).

Ketua Kontingen sekaligus Ketua YPLP Kabupaten PGRI Badung Dr. Drs. I Made Gede Putra Wijaya, SH., M.Si., mengungkapkan, lomba pada Olimpiade Sekolah PGRI diperuntukan bagi siswa (SMP, SMA dan SMK) guru, dan kepala sekolah PGRI se-Indonesia.

Putra menambahkan, jenis yang dilombakan untuk siswa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu Olimpiade Sains, Olimpiade Seni, dan Olimpiade Olahraga.

Sedangkan untuk guru, yakni lomba menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/Modul Ajar (RPP/MA) yang kemudian disimulasikan dan lomba untuk kepala sekolah adalah lomba praktik baik dalam mengembangkan sekolah (naskah, video, dan paparan).

Jenjang SMP, SMA dan SMK masing-masing mengikuti 10 cabang lomba. Kemudian guru dan kepala sekolah dua cabang, sehingga total terdapat 32 cbang lomba, baik akademik dan non akademik.

“Tujuan olimpiade ini adalah pembinaan siswa PGRI se-Indonesia dalam sains, seni, dan olahraga untuk menghasilkan prestasi yang membagakan serta pembinaan guru dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi terhadap dunia pendidikan,” jelas Putra.

Selain itu, masih menurut Putra, melalui olimpiade ini diharapkan kepercayaan masyarakat tetap terjaga terhadap persekolahan PGRI yang telah terbukti melahirkan sumber daya manusia berkualitas dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara.

“Kami dari Kabupaten Badung dan Bali pada umumnya sangat siap. Sangat antusias. Bahkan kami langsung target juara. Pulang harus bawa medali karena kami membawa nama baik Bali,” tegas tokoh dan praktiksi pendidikan ini.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris YPLP Kabupaten PGRI Badung Drs. I Gusti Ketut Sukadana, M.Pd, didampingi Bendahara Drs. I Made Tambun, M.Pd.H., menambahkan, kontingen Badung akan diwakili siswa dan guru dari SMK PGRI 2 dan SMK PGRI 3 Badung. Sementara SMK PGRI 1 Badung bertindak sebagai Ketua Kontingen.

Cabang lomba yang diisi oleh perwakilan YPLP Kabupaten PGRI Badung yakni “News Reading” dalam bahasa Inggris dan lomba “Foster” bertajuk tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kami percaya diri untuk menghadapi lomba. Yang terpenting adalah keberanian dan sportivitas, sesuai tema olimpiade ‘Membangun Kebersamaan untuk Mewujudkan Sekolah PGRI yang Unggul Menuju Indonesia Maju” pungkasnya. 

Next Post

Finswimming Wali Kota Cup Diikuti Pelajar SD hingga Mahasiswa

Sab Jul 1 , 2023
Selain mencari bakat terbaik, juga sebagai tantangan untuk Persatuan Olahraga Senam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar
Junior 1

Berita Lainnya