Nelayan Tegal Besar Klungkung Difasilitasi Jaring Ikan dan Kano

SEMARAPURA-fajarbali.com | Nelayan yang terhimpun dalam Kelompok Nelayan Putra Baruna, Desa Negari, Banjarangkan, Klungkung kini bisa tersenyum lebar. Lantaran hibah berupa jaring ikan dan kano dari Pemerintah Kabupaten Klungkung sudah bisa mereka manfaatkan.



Kini perlengkapan melaut semakin tangguh, hasilnya pun diyakini dapat mendongkrak perekonomian puluhan nelayan di kelompok tersebut. 

Hibah berupa 32 jaring ikan dan 8 kano tersebut diserahkan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Minggu (11/2/2018). Didampingi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta di Balai Banjar Adat Tegal Besar, Desa Negari, Banjarangkan Bupati Suwirta berharap bantuan yang diberikan dapat membantu perekonomian kelompok nelayan Putra Baruna.



Realisasi hibah jaring ikan dan kano ini memang dipercepat. Lantaran Bupati Suwirta yakin, semakin cepat diberikan maka semakin cepat pula dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dirinya pun mengingatkan agar kebersamaan dan kekompakkan antar nelayan tetap dijaga. Sehingga bantuan dapat digunakan bersama tetap terawat. 

Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma mengatakan, bantuan 32 jaring ikan dan 8 kano ini diyakini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota Kelompok Nelayan Putra Baruna. Di samping itu,   kualitas hasil tangkapan ikan juga akan lebih baik. Hasil tangkapan yang melimpah ini, tentu sejalan dengan program pemerintah yakni gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). 




Sementara salah seorang anggota kelompok nelayan, Made Sudira mengungkapkan Kelompok Putra Baruna telah berdiri sejak  tahun 2015. Hingga kini jumlah anggota sebanyak 65 anggota. Nelayan yang biasa melaut di Pantai Tegal Besar ini menyasar jenis ikan  karang dan tongkol. 




“Terima kasih atas bantuan yang diberikan, mudah-mudahan dengan bantuan yang diberikan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok kami,” ujarnya sambil tersenyum. (dia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Badung Gelar Sosialisasi Sistem Manajemen Pengamanan Hotel

Sel Feb 13 , 2018
MANGUPURA-Fajar Bali | Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Badung menggelar Sosialisasi Sistem Manajemen Pengamanan Hotel (SMPH) di Kabupaten Badung, Senin (12/2/2018) di Puspem Badung.
BPD BALI