Momentum Mutasi Guru SMP di Denpasar Tidak Tepat

DENPASAR-fajarbali.com I Pengamat Pendidikan, Dr. Drs. I Made Gede Putra Wijaya, SH., M.Si menyoroti momentum mutasi guru SMP di Denpasar yang dilakukan menjelang tahun ajaran berakhir. Dimana tujuan dari perpindahan guru tersebut, untuk pemerataan.



“Momentum mutasi jelang akhir tahun ajaran tidak tepat. Karena akan mengganggu persiapan jelang ujian nasional,” katanya di Denpasar, Sabtu (10/2/2018).

Sebaiknya, mutasi dilakukan di awal tahun ajaran atau setelah pembagian raport. Bukan berpatokan dengan tahun anggaran. Terkecuali mutasi karena sanksi.

Menurutnya, ada beberapa hal mendasari mutasi tersebut. Yakni, promosi, karir, penghargaan, dan hukuman atau punishment.

“Tetapi, mutasi ini juga harus mengacu kebutuhan sekolah yang menjadi tempat guru tersebut. Jangan sampai guru yang sudah dipindahkan ini tidak mendapatkan jam pelajaran atau tidak terpenuhi 24 jam mengajar perminggu,” jelasnya.



Pihaknya menyarakan, agar mutasi guru SMP di Denpasar tersebut, sebaiknya ditunda. Agar tidak menganggu proses persiapan ujian nasional.

Kalaupun mutasi terpaksa dilakukan karena hukuman, sarannya, sebaiknya ditarik ke Dinas Pendidikan sebelum ditempatkan.

“Jangan sampai mutasi atau perpindahan guru menimbulkan keresahan,” tegasnya. Alt

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Status Gunung Agung Diturunkan

Sab Feb 10 , 2018
AMLAPURA-fajarbali.com | Sabtu (9/2/2-18) hari ini menjadi hari yang sangat menggembirakan bagi masyarakat yang tinggal di zona bahaya yakni radius 6 kilometer dari kawah gunung Agung.  Save as PDF

Berita Lainnya