Minum Susu Tidak Membuat Obesitas

DENPASAR – fajarbali.com | Dewasa ini, anggapan meminum susu adalah bisa menimbulkan obesitas atau kegemukan. Nyatanya, itu hanya sebuah mitos yang berkembang di masyarakat. Dokter Spesialis Kecantikan, Haekal Anshari, menegaskan, mengonsumsi susu bisa menyebabkan obesitas adalah mitos. Sebaliknya, justru susu memiliki banyak manfaat panjang jika mengonsumsinya secara rutin.

 

 

“Orang tahunya selama ini susu itu lemaknya tinggi. Padahal sebetulnya ini sudah ada penelitiannya dari Jurnal International of Obesity pada 2004 bahwa kandungan kalsium dan protein yang ada di dalam susu itu justru membantu menurunkan berat badan pada orang dewasa yang mengalami obesitas,” tutur Haekal.

 

Dengan mengonsumsi susu, orang bakal terhindar dari keingan makan berlebihan. Sebab, protein pada susu akan membuat orang lebih cepat merasa kenyang. Setidaknya, segelas susu hanya mengandung 146 kalori, atau sama dengan 10 persen kebutuhan kalori harian.

 

“Penyebab obesitas itu sebenarnya bukan susu, melainkan asupan makanan yang berlebih termasuk pola hidup yang tidak aktif bergerak. Kebanyakan main game, kebanyakan duduk, dan tidak berolahraga,” imbuhnya.

 

Meski begitu, Haekal tidak menyangkal kalau ada faktor lain lagi yang membuat orang dewasa enggan mengonsumsi susu sehari-hari. Salah satunya adalah laktos intoleren, yaitu kondisi di mana tubuh seseorang tidak menghasilkan enzim laktase yang befungsi untuk menyerap laktosa atau kandungan gula yang ada di dalam susu. Mengalami laktos intoleran untuk orang Asia saat ini hanya terjadi sekali.

 

“Jadi ketika lahir sebagai bayi, kemudian menjadi anak-anak, sebetulnya tubuh seseorang menghasilkan enzim laktase yang cukup. Bertambahnya usia menjadi dewasa, kemudian orang itu tidak lagi meminum susu. Maka tubuh tidak lagi menghasilkan enzim laktase yang cukup, sehingga mengalami laktos intoleran. Laktos intoleran sendiri ada primer, sekunder dan bawaan,” tutup Haekal. (dar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Selangkah Lagi, Air Kemasan Tirta Sanjiwani Siap Edar

Sen Feb 10 , 2020
GIANYAR – fajarbali.com | Pengadaan dan distribusi air dalam kemasan milik Perumda Tirta Sanjiwani, Gianyar saat ini masih menunggu ijin dari Dirjen Sumber Daya Air  Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bila ijin ini sudah turun, maka Perumda Sanjiwani Gianyar sudah bias mendistribusikan air dalam kemasan dan dikomersialkan ke masyarakat umum. […]