Melasti, Pantai Padanggalak Disesaki Umat

DENPASAR-fajarbali.com | Sepertitahun-tahun sebelumnya, serangkaian Hari Suci Nyepi umat Hindu terutama di Kota Denpasar sejak Minggu (3/3) lalu dan puncaknya Senin (4/3) kemarin melalkukan upacara melasti. Sejumlah pantai yang membentang di pesisir Denpasar dipadati umat Hindu untuk menggelar melasti. Titik terpadat sebagai lokasi melasti, yakni Pantai Padanggalak, Kesiman.

Sejak pagi hingga sore hari, umat dengan berbagai perlengkapannya datang silih berganti.
Seperti Senin kemarin, di lokasi Pantai Padanggalak, umat dari sejumlah desa pakraman di Denpasar mulai berdatangan untuk menyelenggarakan pamelastian.  Diantaranya terlihat krama Desa Adat Tonja mengusung pretima di masing-masing pura desa setempat untuk disucikan di Pantai
Padanggalak. Mereka datang dengan menggunakan beberapa kendaraan.

Sebelum Desa Tonja, di lokasi sudah terlihat umat dari Desa Adat Angantaka dan Bekul yang sudah menggelar pamelastian di pantai tersebut. Hingga siang kemarin, iring-ringan ribuan umat masih terus berdatangan untuk menggelar upacara pamelastian. “Hari ini (kemarin,red) merupakan puncak dari kegiatan melasti. Karena dilihat dari waktunya, sangat tepat dan tidak terlalu berdekatan dengan kegiatan lainnya saat Nyepi,” ungkap salah seorang pengiring dari Tonja, Wayan Suparta.

Jro Mangku Pande dari Tonja mengungkapkan, rangakaian pelaksanaan tawur kesanga dan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1941, diawali dengan upacara melasti. Kegiatan melasti ini dilakukan oleh masing-masing desa pakraman sebagai simbul menyucikan alam semesta (bhuwana agung)
dan juga diri sendiri (bhuwana alit) yang bertempat di laut dan juga sumber air lainnya.

Sehari sebelumnya, melasti juga sudah dilakukan Desa Pakraman Peguyangan, serta desa-desa lainnya di Denpasar Utara. Ribuan krama desa pakraman dengan menggunakan puluhan kendaraan telah memadati pantai yang berpasir hitam itu.

Selain Pantai Padanggalak, Matahari Terbit dan Pantai Bali Beach, Sanur, beberapa pantai lainnya juga menjadi tempat pamelastian desa-desa pakraman di Denpasar. Beberapa titik pantai di Denpasar yang juga dijadikan tempat melasti, di antaranya Pantai Segara, Pantai Mertasari, Pantai Pamelisan, Suwung Kangin, Pantai Benoa (dekat Akame), kawasan sebelah timur Pura Candi Narmada. (car)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Transportasi Pariwisata di Bali Diharapkan Punya Standarisasi

Sen Mar 4 , 2019
DENPASAR-fajarbali.com | Gubernur Bali Wayan Koster ingin armada transportasi pendukung industri pariwisata di Bali punya standarisasi yang jelas. Bukan hanya kendaraannya yang harus punya standar keamanan dan kenyamanan, namun supirnya pun harus distandarisasi pelayanannya, estetikanya kepada wisatawan yang datang.
BPD BALI