Masyarakat Diminta Waspada Transmisi Lokal Virus Corona

MANGUPURA – fajarbali.com | Dewasa ini, meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Bali disebabkan oleh transmisi lokal atau penularan secara lokal dari penderita satu kepada orang lain tanpa menunjukkan suatu gejala. Penularan virus corona tidak lagi terjadi dari orang yang pulang dari daerah terjangkit atau dari luar negeri. Untuk itu masyarakat di Bali diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu patuhi aturan Pemerintah.

 

 

“Lakukan pysikal distancing, mari kita saling bantu, saling mendukung untuk sama-sama menghadapi Covid-19 ini agar cepat berlalu dan kehidupan kita bisa kembali normal dan itu dibutuhkan peran seluruh masyarakat. Selain taat dalam melakukan physical distancing, hal yang tak kalah penting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya MPPM di Denpasar.

 

Dalam menyikapi wabah Covid-19 ini, pihaknya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat Bali, untuk tetap di rumah karena penyebaran Covid-19 menunjukkan tren peningkatan di tingkat nasional. “Covid-19 bukan sesuatu yang ditanggapi dengan remeh, tetapi harus dengan kewaspadaan yang tinggi,” tegasnya.

 

dr Suarjaya juga mengingatkan agar masyarakat tak bosan-bosan mencuci tangan dengan sabun dan air minimal 20 detik. Bila tidak menemukan wastafel, bisa menggunakan hand sanitizer sebelum melakukan aktivitas.

 

“Seandainya harus keluar rumah dengan urusan yang jelas, maka harus menggunakan masker. Karena sudah dinyatakan daerah transmisi lokal, masyarakat tidak tahu apakah dirinya berisiko atau orang yang akan ditemui berisiko. Untuk itu kita menggunakan masker. Kita melindungi diri kita dan orang lain,” imbuhnya

 

Meski sudah ada yang sembuh dari Covid-19, dr Suarjaya kembali menegaskan kepada masyarakat untuk terus mengikuti ajakan dan himbauan pemerintah untuk menjaga jarak satu dengan lainnya, untuk mengurangi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas-aktivitas di luar rumah. (dar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Polres Badung Lepas Pemabuk yang Nyaris Dikeroyok Massa

Sel Apr 21 , 2020
MENGWI -fajarbali.com |Setelah menjalani pemeriksaan intensif di ruangan penyidik Satreskrim Polres Badung, PR (17) akhirnya dilepas karena tidak terbukti bersalah. Pria asal Jember Jawa Timur itu sebelumnya nyaris dihajar massa karena dikira mencuri di salah satu rumah warga di Banjar Sengguan Sading Mengwi Badung, pada  Sabtu (18/4/2020).