Masih Pengangguran Atau Ingin Tingkatkan Kompetensi? Gabung di BLKIP, Gratis

DENPASAR-fajarbali.com | Era kompetensi menjadi era kompetitif yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Oleh sebab itu, Nuryani Kepala UPT Balai Latihan Kerja Industri dan Pariwisata (BLKIP) Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, mengajak masyarakat Bali bergabung mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh BLKIP. Hal tersbut untuk meningkatkan keterampilan di bidang industri pariwisata yang berbasis kompetensi antara lain house keeping, F&B Service, F&B Product.



Nuryani menjelaskan pelatihan yang diadakan oleh BLKIP adalah berbasis kompetensi sesuai dengan Permenanker No. 8 Tahun 2014 tentang pedoman pelatihan berbasis komptensi.

Di samping memberikan pelatihan yang berbasis kompetensi, BLKIP juga memberikan pelatihan-pelatihan lainnya dalam aneka kejuruan seperti pelatihan teknik otomotif, listrik, radio audio, serta adminstrasi perkantoran, menjahit, tata arias, dan lain-lain.

Hal tersebut katanya sebagai upaya pemerintah Provinsi Bali mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketrampilan sehingga bisa berwira usaha.

Nuryani juga menjelaskan, BLKIP  yang sebelumnya berada di Jalan Imam Bonjol Denpasar kini telah pindah menjadi satu di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali Jalan Raya Puputan Renon Denpasar. Bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan kerja dipersilakan menghubungi BLKIP di alamat tersebut.



Ketut Alit Putri Erlina S, Kepala Seksi Pelatihan BLKIP menambahkan, bagi masyarakat di pedesaan, BLKIP juga menyiapkan program training unit, yaitu BLKIP datang ke desa khususnya desa Gerbangsadu. Untuk bisa mendapatkan program tersebut, masyarakat desa gerbangsadu harus mengajukan proposal kepada BLKIP.

Lalu bagaimana bagi yang sudah bekerja tetapi ingin bergabung? Erlina menjelaskan caranya dengan mengumpulkan 16 orang untuk memenuhi satu kelas lalu berkoordinasi dengan BLKIP untuk selanjutnya akan disiapkan kelas sore hari.

Dalam program ini, BLKIP tidak memungut biaya kepada peserta, bahkan peserta akan mendapatkan fasilitas baju, makan dan uang saku. (dj)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Galakkan KUR dan Dukung UMKM Rai Mantra Ajak Masyarakat Peka Peluang Usaha

Ming Feb 11 , 2018
 DENPASAR-fajarbali.com | Pemerintah Kota Denpasar tak pernah surut member dukungan terhadap pelaku UMKM. Hal itu dibuktikan dengan diserahannya KUR (Kredit Usaha Rakyat) secara simbolis oleh Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, belum lama ini, di Taman Kumbasari Tukad Badung.  Save as PDF

Berita Lainnya