Marak Isu Penculikan Anak, Polsek Denpasar Utara Kumpulkan Kepala Sekolah

Berikan Edukasi Ke Anak-anak Lewat Media Sosial Agar Terhindar dari Tindak Kejahatan.

(Last Updated On: )

SOSIALISASI-Kapolsek Denpasar Utara Iptu Carlos Dolesgit kumpulkan Kepala Sekolah SD Se-Kecamatan Denpasar Utara. 
 
 
DENPASAR -fajarbali.com |Di tengah maraknya isu kejahatan terhadap anak atau pelajar, Polsek Denpasar Utara bersama Tripika mengumpulkan para Kepala Sekolah (Kepsek) di tingkat SD Se-Kecamatan Denpasar Utara, pada Selasa 7 Februari 2023. 
 
Pertemuan ini berlangsung di aula Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kota Denpasar di Jalan Mulawarman Denpasar Utara. Sebanyak 80 orang Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) tingkat SD Se-Kecamatan Denut hadir dalam kegiatan ini dan pertemuan ini merupakan inisiatif Kapolsek Iptu Putu Carlos Dolesgit, SH.,MH.
 
Menurut Kapolsek Carlos pertemuan ini untuk memberikan pemahaman, penyamaan visi dan misi serta sosialiasi tentang maraknya tindak  kejahatan anak dan sebagai budaya agar kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah Denpasar Utara.
 
Beberapa tindak kejahatan yang kerap melibatkan anak diantaranya pencurian dengan pelaku anak dibawah umur, kekerasan terhadap anak, penganiayaan dengan pelaku/  korban anak – anak, Bulliying/ perundungan serta isu penculikan anak.
 
Iptu Carlos juga meminta kepada para Kepsek dan orang tua untuk melakukan beberapa upaya pencegahan. Berupa meningkatkan komunikasi dan peran serta pada psikologi anak, meningkatkan  kewaspadaan dan kepekaan serta belajar untuk melakukan identifikasi masalah. 
 
“Kami berharap agar pihak sekolah memasang CCTV di pintu masuk gerbang sekolah untuk memantau dan mengetahui siapa orang yang mengantar jemput siswa serta gunakan satuan Pengaman di lingkungan sekolah. Tentunya peran aktif ini sangat diperlukan untuk saling perduli terhadap lingkungan sekitar,” ucap Iptu Carlos. 
 
Diharapkanya, masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial apabila mendapatkan informasi yang belum jelas agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu, ”think before share”.
 
Menanggapi pertemuan itu, Kepsek SD 28 Dangin Puri yakni Ibu Wiwik Kusuma Dewi meminta kepada pihak kepolisian untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, mungkin lewat media sosial agar terhindar dari tindak kejahatan dan mereka lebih paham dan bagaimana mengantisipasi.
 
Menanggapi hal tersebut Kapolsek Iptu Carlos menyampaikan aparat keamanan telah melakukan upaya dalam pencegahan salah satunya dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi baik dari petugas Bhabinkamtibmas maupun satuan Lantas dan masyarakat diminta jangan mudah terprovokasi berita yang belum jelas kebenarannya. R-005 

Next Post

Jual Sapi Potong, Sapi Peternak Wajib Kantongi Sertifikat Vaksin PMK

Rab Feb 8 , 2023
Diakuinya, dirinya mendapat informasi dari kalangan belantih/saudagar sapi baik dari Gianyar dan luar Gianyar. "Ya, informasi yang masuk dari para saudagar, ada sebagian sapi yang belum divaksin dan dijual peternak," jelas Made Santiarka.
IMG_20230208_132739

Berita Lainnya