Mangkir dari Dinas Selama 14 Hari, Briptu AAW Dijebloskan ke Sel Khusus

Pernah Menjalani Hukuman Disiplin Sebanyak 3 kali

(Last Updated On: )

SIDANG DISIPLIN-Tidak pernah masuk dinas, Briptu AAW dikawal Provost jalani sidang disiplin di Polres Kawasan Bandara. 

 

KUTA -fajarbali.com |Mangkir dari dinas selama 14 hari, oknum Briptu AAW (29) anggota Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bawah Perintah (BP) Polsek Tegalalang Polres Gianyar, menjalani sidang disiplin di Rupatama Polres Bandara, pada Selasa 28 Maret 2023. Dari hasil sidang tersebut, Polisi asal Gianyar ini dijatuhi hukuman disiplin diantaranya penempatan dalam sel khusus selama 21 hari. 
 
Sidang itu dipimpin langsung oleh Wakapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai Kompol I Ketut Darta, S.H., M.H. didampingi oleh Kabag SDM AKP I Dewa Ngurah Satriya Yoga, S.T., M.H., bersama Kabag Ren AKP I Wayan Wira Nugraha, S.H. 
 
Di depan sidang, Briptu AAW mengakui semua dakwaaan yang dibacakan oleh pimpinan sidang. Terlebih memang benar dirinya tidak pernah masuk dinas alias mangkir selama 14 hari sejak tanggal 17 hingga 29 dan tanggal 30 Desember 2022 serta tanggal 7, 11, 12 dan 13 Januari 2023. 
 
“Dari hasil pemeriksaan para saksi, terduga pelanggar maupun barang bukti terduga pelanggar (Briptu AAW) tidak masuk kantor dan tidak melaksanakan tugas tanpa keterangan yang sah atau tanpa ijin atasan maupun tidak pernah menyampaikan kepada atasan/pimpinannya,” tegas pimpinan sidang Kompol Ketut Darta. 
 
Diketahui, Briptu AAW telah melanggar Pasal 3 huruf (g), Pasal 4 huruf (d), huruf (l), huruf (m) dan Pasal 5 huruf (a) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003, tanggal 1 Januari 2003, tentang Peraturan disiplin anggota Polri.  
 
Sementara dalam sidang disiplin juga dihadirkan 3 orang saksi antara lain Kapolsek Tegalalang, Kasi Propam Polsek Tegalalang dan Kasi Dokkes Polres Gianyar. Tiga saksi membenarkan semua keterangan yang telah diberikan selama pemeriksaan oleh penyidik propam.
 
Sebelumnya, sidang yang sempat di skor selama 5 menit ini, pemimpin sidang akhirnya memutuskan untuk menjatuhkan hukuman disiplin kepada Briptu AAW berupa penundaan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) selama 1 tahun dan penempatan dalam tempat khusus selama 21 hari.
 
Hal yang memberatkan dalam sidang, Briptu AAW yang sempat berdinas di Polres Buleleng dan pernah menjalani hukuman disiplin sebanyak 3 kali. Penindakan disiplin ini dilakukan karena pelanggaran disiplin yang sama Briptu AAW dapat menurunkan citra dan wibawa Polri di mata masyarakat. R-005 

 

Next Post

Serangkaian HUT ke-419 Kota Singaraja, Buleleng Berbagi di PSTW Jara Mara Pati

Sel Mar 28 , 2023
(Last Updated On: ) PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyerahkan bingkisan ke Pansti Sosial SINGARAJA – fajarbali.com | Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana bersama dengan Ketua DPRD Gede Supriatna bertatap muka sekaligus berbagi dengan lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Jara Mara Pati, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Selasa (28/3). […]
BULELENG, PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyerahkan bingkisan kepada para lansia

Berita Lainnya