Lulusan Skanema Diharapkan Isi Peluang Wirausaha

(Last Updated On: )

DENPASAR-fajarbali.com | Kepala SMK Negeri 5 Denpasar (Skanema), I Made Buda Astika melepas 515 siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2017/2018, Rabu (9/5/2018) pagi di aula sekolah. Seremonial yang berjalan alot itu dihadiri Kasi SMK UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Denpasar Ketut Gede Pariartha, ketua komite, para guru, serta pegawai.

Siswa yang dilepas tahun ini merupakan angkatan ke-20. Adapun rinciannya, yakni program Seni Tari sebanyak 55, Seni Karawitan 67, Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 77, Jasa Boga 171, dan Akomodasi Perhotelan 148 siswa.
 
Buda Astika menjelaskan, pelepasan tersebut bukan sekadar perayaan atas berakhirnya proses pembelajaran di sekolah, tetapi pelepasan ini menjadi momentum bagi lulusan untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). “Ini masih jauh. Mudah-mudahan setelah pelepasan ini, mereka justru tambah semangat,” tambahnya.
 
Kasek yang baru menjabat beberapa bulan ini mengungkapkan, berdasarkan data penelusuran lulusan dan survei dalam beberapa tahun terakhir, persentase lulusan yang sudah bekerja mencapai 21 persen, melanjutkan studi 59 persen, melanjutkan sambil bekerja 29 persen, dan satu persen berwirausaha.
 
“Para lulusan ini diharapkan bisa mengisi peluang pekerjaan yang ada sesuai bidang mereka, terutama yang paling penting sesuai harapan pemerintah, lulusan SMK bisa mandiri. Dalam arti menjadi wirausaha, itu sangat kami harapkan, minimal 5 persen,” kata Buda.
 
Terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Buda Astika bersyukur para siswanya telah menunjukkan kerja kerasnya dengan sukses mengikuti UNBK. Hasilnya pun cukup memuaskan. Rata-rata hasil yang diraih para siswa sangat baik.
 
“UNBK ini sangat jujur. Kenapa? Mereka tak bisa menyamakan jawaban. Nilai integritas siswa tinggi,” gugahnya seraya mengatakan, penguatan di bidang kewirausahaan masih menjadi program utama di Skanema.
 
Sementara itu, acara pelepasan berlangsung meriah, diawali berbagai pementasan seni sebagai hiburan. Acara juga diisi penyerahan penghargaan kepada 10 siswa peraih nilai UN tertinggi.
 
Adapun daftar nama siswa peraih nilai UN tertinggi SMK Negeri 5 Denpasar, yakni Alif Fia Ayu Kusuma Ranti (334,00), I Gede Aris Prayoga (316,50), Ni Kadek Nia Febriola (315,50), Yacinta Margaretha (314,00), Putu Dewanta Yunda (314,00), Dea Shinta Pradnyaningrum (313,50), Diah Sinta Novita Dewi (307,00), Tusandari Anika Putri (302,00), I Putu Ariana Yoga (300,50), dan Ni Putu Pranitin Jayanti (299,50).
 
Siswa peraih nilai tertinggi, Alif Fia Ayu Kusuma Ranti merasa bangga setelah meraih hasil tersebut. Siswi kelas XII Program Usaha Perjalanan Wisata itu menyatakan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah yang telah memberikan dukungan dan bimbingan.
“Intinya semoga para lulusan SMK 5 memperoleh karier yang bagus. Kami juga berharap, pihak sekolah dapat meningkatkan kualitasnya,” kata Alif memungkasi. (eka)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

"Outcome" SMK BKM Badung Jadi Tenaga Kesehatan Andal

Kam Mei 10 , 2018
(Last Updated On: )DENPASAR-fajarbali.com | SMK Kesehatan Bali Khresna Medika (BKM) Badung menargetkan lulusannya menjadi tenaga kesehatan andal. Lulusan SMK kesehatan juga diharapkan dapat melanjutkan studi yang relevan dengan bidang ilmunya di perguruan tinggi (PT) berkualiatas.

Berita Lainnya