LPM Mesti Pahami Perencanaan Pembangunan Desa

NEGARA-fajarbali.com | Sebanyak 51 Ketua Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Pemkab Jembrana, Selasa (20/2/2018). Penyelenggaraan Bimtek untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pembangunan desa tersebut dibuka Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya mengatakan dalam bimtek yang diikuti sebanyak 51 Ketua LPM, materinya berkaitan dengan 
Perencanaan Pembangunan Desa, Penatausahaan Keuangan, Rencana Penyusunan Konstruksi Bangunan, Pengelolaan sampah dan lingkungan terpadu, dengan 4 narasumber.



“Tujuan Bimtek adalah, meningkatkan pengetahuan LPM tentang peran dan fungsinya dalam perencanaan pembangunan Desa, meningkatkan pemahaman dalam manajemen pembangunan Desa, meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan sampah, menyamakan persepsi dan pemahaman tentang upaya pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan,” ujar Sumber.

Dalam hal ini, Wabup Kembang Hartawan menyampaikan  LPM memiliki peranan penting dalam pembangunan di desa/kelurahan. Karena itu, LPM harus dapat memposisikan diri dalam pembangunan di desa/kelurahan.




“LPM harus aktif dalam pergaulan di masyarakat, agar bisa peranan dan posisi tawar lebih dalam pembangunan di desanya. Sesuai dengan tugasnya menyusun rencana pembangunan yang berpartisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, dan melaksanakan pengendalian pembangunan. Perankan diri dengan baik, terlebih LPM memiliki hubungan kemitraan dengan Kepala Desa” ujar Kembang. Bimtek ini diharapkan agar diikuti dengan baik dan serius belajar terhadap materi yang disampaikan narasumber.

Sementara, pada pembukaan bimtek ini juga dihadiri pimpinan OPD, perbekel dan lurah se Jembrana. (prm)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bantu Tetangga Kebanjiran, Malah Gasak Cincin Berlian

Kam Feb 22 , 2018
SINGARAJA-fajarbali.com | Warga Jalan Jalak Putih, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Seto Adi Pramono (22) kedapatan mencuri sebuah cincin berlian white sapire saat membantu tetangganya yang dilanda banjir, Jumat (2/2/2018) lalu.  Save as PDF

Berita Lainnya