Lomba Baleganjur Kelompok Remaja Festival Budaya Badung Rebutkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Sebanyak enam seka Baleganjur kelompok remaja merebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

(Last Updated On: )
Perwakilan salah satu peserta Lomba Baleganjur Kelompok Remaja Festival Seni Budaya Badung ke-14, Minggu (12/11)

 

MANGUPURA – Fajarbali.com | Selain Lomba Baleganjur tingkat anak-anak, lomba Baleganjur tingkat remaja juga ikut memeriahkan Festival Seni Budaya ke 14 di kabupaten Badung. Sebanyak enam seka Baleganjur kelompok remaja merebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Lomba baleganjur tingkat remaja yang digelar di Lobby Balai Budaya Giri Nata Mandala pada Minggu (12/11) malam itu juga menghadirkan juri-juri berkompeten. Sehingga pelaksanaan lomba yang dilaksanakan bisa menghasilkan bibit di bidang kesenian.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Kadek Sandra Widari mengatakan, peserta kelompok remaja yang mengikuti lomba umur mulai dari umur 15 sampai 18 tahun per bulan Desember 2023. Peserta diberikan waktu atau durasi garapan dari pejalan sampai ending 10–11 menit. Dalam proses penilaian sendiri kata Sandra Widari ada beberapa kriteria seperti, Ide/Gagasan, Kreativitas, Teknik Gegebug dan Tetekep, Bentuk/Komposisi Garapan/Ekspresi, Suara Gamelan, Penampilan/ Keserasian Kostum dan Ekspresi Lagu. “Jadi nanti untuk juaranya, nanti ada Juara I, II dan III termasuk juga ada juara harapan, “ bebernya.

Disinggung mengenai nominal juara, sesuai ketentuan yang sudah disepakati kata Sandra Widari untuk juara I mendapat dana motivasi Rp 40 Juta belum ditanggung pajak. Selanjutnya Juara II Rp 38 Juta, dan Juara III Rp 36 Juta. Selain itu untuk juara Harapan I mendapat dana motivasi Rp 34 Juta, Harapan II mendapat Rp 32 Juta dan Harapan II Mendapat Rp 30 Juta. “Untuk Kelompok remaja ini yang tampil adalah Komunitas Bisikan Suara, SMA Negeri 1 Kuta Utara, Komunitas Kusalawa, Sanggar Seni Sudha Wirad Canggu, SMK Negeri 4 Bangli, dan SMK PGRI 3 Badung,” imbuhnya.

Seperti diketahui bersama Festival Seni Budaya digelar Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung ini serangkaian perayaan HUT Ke -14 Ibu Kota Mangupura. Festival ini pun digelar di open stage Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.W-004

 

 

 

 

Next Post

KPU Bali Rencanakan Pembukaan Masa Kampanye di Mall

Sel Nov 14 , 2023
“Rencananya kita akan pembukaan (masa kampanye) disitu, di Mall,” ujar John Darmawan, Senin (13/11).
FB_IMG_1699872816343

Berita Lainnya