PHDI Buleleng Gelar Lomba Pengetahuan Seni dan Budaya Hindu

SINGARAJA-fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Buleleng menggencarkan lomba pengetahuan seni dan budaya Hindu dengan tujuan untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa yang saat ini kian dijauhi oleh anak-anak muda, Selasa (13/3/2018) di Pura Agung Jagatnatha Buleleng.

Mewakili Bupati Buleleng, Kepala Bagian Kesejahtraan Masyarakat Setda Kabupaten Buleleng Putu Suryani, S. Sos menyebutkan lomba pengetahuan seni dan budaya ini dilaksanakan untuk merangsang anak – anak pelajar khususnya anak Sekolah Dasar (SD) agar lebih mencintai seni dan budaya hindu yang telah diwariskan oleh para leluhur secara turun temurun.

”Lomba pengetahuan seni dan budaya hindu ini, kami harapkan bisa merangdang adrenaline anak-anak sekolah dasar untuk peduli dengan pelestarian seni dan budaya Buleleng khususnya dan Bali pada umumnya,”terang Suardana. Sementara, Dewa Nyoman Suardana,M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan lomba pengetahuan seni dan budaya hindu ini diikuti 195 peserta yang terbagi dari 15 Gugus di Buleleng.

“Dalam lomba pengetahuan seni dan budaya hindu terbagi menjadi lima lomba yakni lomba menulis aksara bali, lomba pidarta bahasa bali, lomba membuat tipat, lomba Busana Adat Ke Purq dam lomba cerdas cermat,”imbuhnya. Lebih lanjut Nyoman Suardana menjelaskan bahwa dalam pelaksanaaan lomba ini, pihaknya sering mengarahkan kepada para pemuda dan pemudi yang tersebar di masing-masing Desa Pekraman di Buleleng untuk ikut melaksanakannya.

”Lomba ini sering kami dilakukan, serangakain HUT Kota Singaraja dan lomba ini juga kami gelar secara rutin,”ujarnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasar Murah Disperindag Bangli Sepi Pengunjung

Sel Mar 13 , 2018
BANGLI-fajarbali.com | Pasar murah biasanya identik dengan tingkat kunjungan yang membludak. Tetapi  pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangli di Lapangan Kilobar, Desa Tamanbali, Bangli, Selasa 13/3/2018) justeru sepi kunjungan.