Lestarikan Budaya, UKM Kesenian Unud Gelar Festival Budaya Nasional 2022

Festival Budaya Nasional 2022

Festival Budaya Nasional 2022 yang secara daring melalui Cisco Webex Meeting, Minggu (25/9).

 

DENPASAR – fajarbali.com | Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Universitas Udayana (Unud) melaksanakan kegiatan Festival Budaya Nasional 2022 yang dilaksanakan secara daring melalui Cisco Webex Meeting bertempat di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kampus Sudirman Denpasar, Minggu (25/9/2022). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana.

Festival Budaya Nasional merupakan program kerja yang diselenggarakan UKM Kesenian Universitas Udayana dengan serangkaian kegiatan perlombaan berskala nasional dan bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas seniman muda Indonesia dalam upaya pelestarian budaya dan sebagai wadah seniman muda dalam berkreasi dan juga sekaligus sebagai media perkenalan UKM Kesenian Universitas Udayana.

Mengambil tema “Abhinaya Cilpacastra ing Anagata”, yang memiliki makna “Bangkitkan Semangat Berkarya Seni dan Budaya di Masa Mendatang”, dimana kegiatan ini dihadiri oleh 44 peserta dari 14 Universitas yaitu Poltekkes Kemenkes Semarang, Univ Islam Indonesia, UNSRI, Univ. Mulawarman, UPN Veteran Yogyakarta, PNB, Undhiksa, Univ. 17 Agustus, Poltekkes Kemenkes Bandung, Univ. Warmadewa, UNHI, UNS, Univ. Negeri Yogyakarta dan Univ. Udayana.

Peserta umum berasal dari SMAN 1 Kuta Selatan, SMAN 1 Kuta Utara, SMA Katolik Wr. Supratman Samarinda dan SMPN 6 Denpasar. Peserta berasal dari 7 Provinsi, dan Pulau yang berbeda. Beberapa perlombaan yang diadakan yaitu : Vokal Solo Pop, Vocal Solo Dangdut, dan Line Dance Sport. 

Dalam sambutannya Wakil Rektor III menyampaikan bahwa ajang Festival Budaya Nasional adalah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Unud melalui UKM Kesenian, dengan harapan akan banyak meraih medali dan mampu meningkatkan prestasi mahasiswa Udayana dalam bidang seni.

Adapun prestasi mahasiswa Udayana yang diraih pada ajang ini adalah Medali Emas atas nama Margarick Yoga Adinata Putra (FH  Unud) dan Medali Perunggu atas nama Ade Utri Natalia (FT Unud) pada tangkai lomba Line Dance Sport. Untuk pertama kalinya Cabang Lomba Dance Sport dipertandingkan di Universitas Udayana dalam ajang Festival Budaya Nasional dan dengan banyaknya peserta yang berminat maka selanjutnya akan dibuatkan Kejuaraan khusus Dance Sport  skala Nasional dan Internasional untuk menjaring atlit-atlit Dansa berprestasi yang mampu mempersembahkan medali emas ke Universitas Udayana. (rl)

Sumber: www.unud.ac.id

Next Post

Dipanggil Penyidik Polda Bali, Direksi PT Tebing Mas Mangkir Diperiksa

Sel Sep 27 , 2022
Absen Saat Panggilan Pertama
IMG_20220927_213310-712ca5fc