Langsung Kerja ke Jepang, Lulusan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal

Diterimanya lulusan SMK Pandawa Bali Global bekerja di Jepang, menjadi gambaran kualitas SDM yang dihasilkan sekolah tersebut.

(Last Updated On: )
Salah satu lulusan angkatan ke-50 SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, I Dewa Made Antaguna mendapatkan ucapan selamat dari Rektor ITB Stikom Bali Dr. Dadang Hermawan.

DENPASAR-fajarbali.com | Orangtua I Dewa Made Antaguna sedih bercampur bahagia. Sesekali mereka memeluk sang anak yang berpostur tinggi menjulang.

Tak lama lagi, putranya akan berangkat bekerja ke Negeri Sakura, Jepang. Kerinduan yang baru bertemu muara lima tahun lagi siap dihadapi. Namun demi masa depan putranya, mereka iklhas diiringi doa menembus langit.

Dewa Antaguna merupakan salah satu lulusan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal angkatan ke-50 yang lolos seleksi bekerja ke Jepang. Untuk lulusan tahun ini, Dewa Antaguna ditemani tiga rekan satu angkatan.

“Tentunya sangat tidak sabar bekerja ke luar negeri untuk membanggakan keluarga dan almamater,” kata Dewa Antaguna, di sela Wisuda/Pelepasan kelas XII angkatan ke-50 SMK Pandawa Bali Global Abiansemal bertempat di salah satu hotel kawasan Sanur, Denpasar, Kamis (30/5/2024).

Kepala SMK Pandawa Bali Global Dr. Hafidul Muhsin, menyebut diterimanya empat lulusan membangun karir di Jepang merupakan hal yang istimewa. “Empat siswa kami ini sudah disiapkan dengan maksimal. Baik mental dan juga mempelajari adat budaya Jepang. Bulan September ini mereka berangkat, dibiayai Bank Fajar,” kata Hafidul.  

Hal ini menjadi bukti bahwa sumber daya manusia yang dilahirkan SMK Pandawa Bali Global, mampu menembus persaingan kerja secara global, sesuai namanya.

Selain empat orang tadi, lanjut dia, puluhan lulusan lainnya juga sudah terserap di dunia kerja di Bali dan luar Bali. Ada pula yang memilih melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kami memiliki empat jurusan Akuntansi, Boga, Perhotelan, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Kami juga memiliki satu jurusan baru, yakni Teknik Otomotif yang baru berjalan dua tahun,” ungkapnya.

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menyampaikan kemudahan bagi alumni SMK Pandawa Bali Global Abiansemal yang ingin melanjutkan ke ITB STIKOM Bali, dan juga biaya ke luar negeri.

“Bank Fajar yang merupakan ITB STIKOM Group akan memberikan pembiayaan. Semua kami fasilitasi, sehingga tidak ada alasan lagi untuk biaya bagi yang ingin melanjutkan atau yang bekerja,” tegasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Widya Dharma Santhi dan Yayasan Pendidikan Rakyat Pandawa, Prof. Dr. Made Bandem menyampaikan dukungannya terhadap SMK Pandawa Bali Global Abiansemal. 

Baik dari segi fasilitas hingga sarana dan prasarana lainnya. “Ada fasilitas untuk ekstrakurikuler gambelan dan juga tarian yang terus kami sempurnakan,” katanya. Apalagi, lanjut dia, di sekitaran SMK Pandawa Bali Global Abiansemal memiliki budaya yang sangat kental.

“Seni dan budaya ini akan menjadi tambahan saat mereka berkiprah baik di nasional maupun internasional. Bahkan tadi saya dengar alumni SMK ini sudah ada ke Jepang,” tandasnya, didampingi Ketua Panitia Made Wiadnyana, S.Kom.

Next Post

Bule Amrik Depresi Ngamuk di Vila, Rusak Barang-barang dan Aniaya Pacar Sendiri

Kam Mei 30 , 2024
Diobservasi ke Rumah Sakit
IMG_20240530_204316

Berita Lainnya