KPAI Pusat Berikan Penghargaan kepada Pemkab Gianyar

(Last Updated On: )

Gianyar- fajarbali.com | Pemkab Gianyar dianugerahi penghargaan KPAI dalam kategori Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak tahun 2021.



Penyerahan penghargaan  dilaksanakan secara virtual diterima Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu di Ruang Commmand Center, Kantor Bupati Gianyar, Kamis (22/7/2021) kemarin. 

Ketua KPAI Dr. Susanto, MA mengatakan, dengan adanya anugrah KPAI semoga dapat memberikan kontribusi dan menumbuhkan kepeloporan positif bagi perlindungan anak di Indonesia.

Baca Juga :
PSK Padanggalak Sanur Itu Diduga Dibunuh Usai Kencan dengan Bule
KAI Bali Bersama Bank Mandiri Gelar Lomba Foto Jurnalistik Peringati Hari Anak Nasional

Indonesia merupakan salah satu negara yang berkomitmen terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, terbukti dengan regulasi-regulasi terkait dengan perlindungan anak yang tercantum dalam undang-undang, peraturan pemerintah, perpu, peraturan presiden, peraturan menteri, peraturan daerah maupun kebijakan yang lainnya. Namun indek perlindungan anak di Indonesia masih belum sesuai harapan, yang baru mencapai 63,67% pemenuhan hak anak dan indek perlindungan khusus mencapai 77,03%.

Dalam rangka mendorong percepatan perlindungan anak, KPAI terus berinovasi dalam melasanakan tugas yang tertuang dalam undang-undang 35 tahun 2014, sebagai pegawas pemenuhan hak anak maupun perlindungan khusus. Salah satu yang dikembangkan adalah Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak berbasis Digital untuk mengoptimalkan pengawasan perlindungan anak.

Dr. Susanto, MA menambahkan, setiap tahun KPAI rutin melaksanakan anugrah KPAI sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi pemerintah daerah, organisasi masyarakat dan individu yang memiliki kepedulian dan komitmen terhadap perlindungan anak. 

Menteri PPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi KPAI yang telah menyelanggarakan kegiatan anugrah KPAI 2021, yang dapat menginspirasi dan memperkuat perlindungan anak di seluruh Indonesia yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

“Saya beserta jajaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengucapkan selamat Hari anak Nasional,” kata Menteri GA Bintang.

Menteri GA Bintang menambahkan, anak memiliki hak asasi yang harus dipenuhi seperti halnya orang dewasa, yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, diantaranya hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapat perlindungan serta hak berpartisipasi. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gianyar, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu mengatakan komitmen Kabupaten Gianyar terhadap Perlindungan Anak terbukti dengan adanya beberapa regulasi yang diterbitkan, salah satunya perda perlindungan anak yang sudah ditetapkan.

Semua itu merupakan payung hukum untuk pemenuhan hak anak, serta ini merupakan komitmen dari bupati sebagai pemenuhan hak anak dan perlindungan hak anak yang didukung seluruh stakeholder Pemerintah Kabupaten Gianyar. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres Badung Selidiki Laporan Fery yang Dikeluarkan dari Desa Gulingan Karena Menolak Divaksin Covid-19

Rab Jul 28 , 2021
(Last Updated On: )BADUNG -fajarbali.com | Laporan Roro Fery Wahyudi Satria Wibowo ke Polres Badung yang mengaku dikeluarkan dari Banjar Tengah Kaler Desa Gulingan, Mengwi Badung, karena tidak mau divaksin covid-19 ditanggapi Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi. Ia menegaskan pihaknya akan menelaah kasus tersebut dan jika perlu akan dilakukan upaya mediasi. 

Berita Lainnya