Kenali dan Cegah Wasir

Apakah anda pernah mengalami rasa yang tidak nyaman ketika anda duduk dalam jangka waktu yang lama? Terlebih lagi nyeri yang sangat hebat ketika anda buang air besar?



Bahkan kadang nyeri tersebut disertai dengan keluarnya darah dari dubur. Istilah wasir pasti sering terdengar di masyarakat. Hemoroid atau wasir merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah anus. Hemoroid berasal dari kata haem yang berarti darah dan rhoos yang berarti mengalir.

Pada kondisi tertentu hemoroid tergolong penyakit yang tidak berbahaya. Diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia mengalami gejala wasir dalam periode tertentu dalam hidupnya. Hemoroid dapat tidak menimbulkan gejala  sama sekali sehingga kebanyakan orang bahkan tidak sadar dengan hemoroid jika tidak ada gejala , yaitu rasa nyeri saat BAB.

Banyak orang yang mengalami kondisi seperti ini tidak mencari pengobatan karena gejala yang hilang timbul atau rasa takut dan malu yang berhubungan dengan pengobatan. Angka kejadian hemoroid di Amerika Serikat sekitar 4,4%. Pada wanita maupun pria, angka kejadian tertinggi terletak antara 45 – 65 tahun, dan jarang sekali terjadi pada usia dibawah 20 tahun.

Hemoroid atau wasir disebabkan karena gangguan aliran balik pembuluh darah (vena) pada daerah anus. Ada banyak factor yang menyebabkan keadaan tersebut, diantaranya susah buang air besar yang menyebabkan proses mengedan yang kuat dan lama. Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan wasir. Umumnya penderita hemoroid mempunyai kebiasaan duduk yang lebih lama di toilet (atau sambil membaca koran) dan merasa terobsesi untuk buang air besar secara teratur.



Darah tinggi, berat badan berlebih dan gaya hidup yang kurang aktif merupakan salah satu pencetus wasir. Kekurangan cairan yang disebabkan oleh kurangnya minum air dapat juga menjadi factor penyebab, hal ini dikarenakan dehidrasi menyebabkan tinja yang keras dan kesulitan buang air besar. Pada kondisi hamil juga merupakan factor pencetus hemoroid karena tekanan rongga perut yang bertambah dan seringnya terjadi konstipasi.

Gejala hemoroid yang sering ditemukan pada saat pemeriksaan yaitu perdarahan, pembengkakan, benjolan pada anus, rasa tidak nyaman, dan nyeri. Hemoroid digolongkan menjadi dua yaitu hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Hemoroid yang paling sering terjadi adalah hemoroid interna. Sedangkan hemoroid eksterna biasanya adalah lanjutan dari hemoroid interna. *

 

Penulis: dr. Putu Yudis Pramana K

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Danone-Aqua, Perusahaan FMCG Pertama di Indonesia Yang Menerima Sertifikasi B-Corp

Rab Feb 28 , 2018
JAKARTA-fajarbali.com | Danone-AQUA, pelopor bisnis air minum dalam kemasan, yang telah beroperasi selama 45 tahun, menerima sertifikasi B-Corp, yang mengakui praktik terbaik dan ketaatan dengan standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas.    Save as PDF

Berita Lainnya