Kelompok 33 KKN Unwar Bantu Tatakelola BUMDes Catur Eka Amertha

BUMDes Catur Eka Amertha memiliki peluang yang besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Angantaka.

 Save as PDF
(Last Updated On: 23/02/2024)

Pemberian pengarahan mengenai tatakelola perusahaan di BUMDes Desa Angantaka, Badung, disaksikan Ketua BUMDes Catur Eka Amertha, Angantaka, I Wayan Banuartha.

MANGUPURA-fajarbali.com | Kelompok 33 Program Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PMM) Universitas Warmadewa atau Unwar, ditugaskan di Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, untuk memetakan persoalan di desa tersebut termasuk mencari solusinya.

Salah satu hal utama yang telah digarap oleh kelompok yang dibimbing Dr. Putu Yudha Asteria Putri, S.E., M.Si, ini yakni membantu melakukan pendampingan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Catur Eka Amertha, Angantaka.

“Kelompok 33 KKN-PMM Desa Angantaka tahun 2024 melakukan pendekatan dan solusi permasalahan terkait dengan tata kelola BUMDes untuk menjadikan BUMDes Desa Angantaka menjadi lembaga yang berdiri secara berkelanjutan,” jelas Yudha Asteria, di lokasi KKN, Kamis (22/2/2024).

Yudha Asteria, mengungkapkan, sejatinya BUMDes Catur Eka Amertha memiliki peluang yang besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Angantaka.

Namun BUMDes tersebut mengalami sejumlah kendala selama ini. Di antaranya, sistem pengelolaan yang dilakukan hanya melalui media kertas, file kertas kerja excel, dan file laporan akuntansi yang masih manual dan kerap kali terdapat kemungkinan kesalahan.

Kendala lainnya yang dialami adalah informasi yang dihasilkan tidak dapat diakses secara langsung. Sustainability yang diharapkan hadir dari BUMDes Catur Eka Amerta dapat menjadi tonggak dan pilar perekonomian masyarakat Desa Angantaka.

“Kami bersama 20 mahasiswa dari beberapa program studi yang ada di Unwar berusaha membantu BUMDes Catur Eka Amerta untuk menyelesaikan permasalahannya,” jelasnya.

Adapun hal-hal yang dilakukan oleh Kelopok 33 KKN-PMM Desa Angantaka pada BUMDes Catur Eka Amerta adalah membantu BUMDes untuk mengadakan promosi, karena kesadaran masyarakat terkait dengan keberadaan pentingnya BUMDes masih sangat minim.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi pemahaman tentang pembukuan akuntansi sederhana sebagai bantuan dalam kegiatan operasional BUMDes. (rel)

 Save as PDF

Next Post

Agung Toyota Raih Berbagai Penghargaan di Ajang Toyota Dealer People Award 2024

Jum Feb 23 , 2024
Total penjualan Agung Toyota Bali mencapai total 4,199 unit di tahun 2023.
a80906a7-2032-425b-b2c7-bfae48ecd56b

Berita Lainnya