Kelompok 1 KAT UNR Peduli Dunia Pendidikan, Mengabdi di SDN 7 Peguyangan

Kelompok 1 KAT UNR, terdiri dari 26 orang mahasiswa dan 5 Dosen pembimbing yang diketuai oleh Dr. Putu Eka Trisna Dewi, S.H., M.H.CLA

 Save as PDF
(Last Updated On: 07/12/2023)

 

DENPASAR – fajarbali.com | Universitas Ngurah Rai (UNR) di Tahun Ajaran 2023-2024 kembali mengadakan program Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat  yang dalam hal ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori yang telah didapatkan dibangku perkuliahan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat, dalam pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh dosen pembimbing dari seluruh fakultas di UNR.

Kelompok 1 KAT UNR, terdiri dari 26 orang mahasiswa dan 5 Dosen pembimbing yang diketuai oleh Dr. Putu Eka Trisna Dewi, S.H., M.H.CLA, memilih locus kegiatan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 Peguyangan yang merupakan bagian dari Desa Peguyangan Kangin, Kota Denpasar.

Dalam pengembangan sumber daya manusia di Desa Peguyangan Kangin, memiliki beberapa program desa yang salah satunya adalah Sosialisasi Pusat Studi Pancasila tentang Nilai-nilai Kebangsaan serta Nilai-nilai Pancasila pada generasi muda yang ada salah satunya, yakni menyusuri sekolah-sekolah yang ada di desa Peguyangan Kangin.

Dalam mendukung program desa dan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda, Kelompok 1 KAT UNR memberikan sosialisasi kepada generasi muda, pertengahan Oktober 2023 lalu. Dr. Putu Eka Trisna Dewi, S.H., M.H.CLA, tampil sebagai narasumber.

Perwakilan Kelompok 1 KAT UNR Ni Luh Ade Bunga Kris Nanti, menyampaikan materi terkait pentingnya untuk menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila bagi Generasi Muda. Dalam pelaksanaan sosialisasi siswa/siswi SDN 7 Peguyangan sangat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

“Kami juga mendatangkan narasumber eksternal yang berasal dari Satlantas Polresta Denpasar yang dalam kesempatan ini memberikan materi terkait dengan Tertib Berlalu Lintas, yang dimana dalam hal ini diharapkan siswa/siswi SD Negeri 7 Peguyangan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata Bunga, beberapa waktu lalu.

Bunga melanjutkan, kegiatan lain kelompoknya berupa penanaman pohon dan pengecatan dinding-dinding taman sekolah. Tujuannya guna memperindah lingkungan sekolah agar peserta didik lebih tertarik berada di lingkungan sekolah dan juga menambah keasrian. 

Dalam mewujudkan tingkat literasi atau minat baca peserta didik SDN 7 Peguyangan Kangin, pada akhir November 2023, pihaknya menyumbangkan buku-buku pengetahuan penunjang sarana dan prasarana perpustakaan dari donatur , serta wastafel dari Kodim 1611/Badung guna mendukung pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Perbekel Desa Peguyangan Kangin didampingi Anggota BPD, Ketua Komite SDN 7 Peguyangan, Kepala Dusun Cengkilung, Perwakilan Kodim 1611/Badung, Para Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Kelompok 1 KAT UNR 2023, Kepala SDN 7 Peguyangan Kangin dan jajaran turut hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Dosen Pembimbing Kelompok 1 Eka Trisna Dewi, mengucapkan terimakasih kepada perbekel, pihak sekolah, donatur, Kodim 1611/ Badung, Polresta Denpasar, dan semua pihak yang telah mendukung program kelompoknya.

Mewakili masyarakat, I Wayan Susila, Perbekel Desa Peguyangan Kangin, menyebut, program-program Kelompok 1 sangat dirasakan manfaatnya. “Semoga kerja sama dengan UNR secara umum dapat berlanjut seterusnya,” harap Susila. (Gde)

 

 Save as PDF

Next Post

HKTDC Gelar 13 Pameran Perdagangan Awal Tahun Depan di Hong Kong Guna Memperkuat Hubungan Perdagangan Hongkong dan Indonesia

Kam Des 7 , 2023
Dibaca: 114 (Last Updated On: 07/12/2023) Kevin Chiu, Director HKTDC Indonesia, Mandy Ng, Associate Director, Business Development, Exhibitions and Digital Business HKTDC dan I Putu Budiasa Ketua HIPMI Kabupaten Gianyar saat konferensi Pers di hadapan awak media Bali, (7/12) di Gianyar DENPASAR – fajarbali.com | Hong Kong dan Indonesia telah menjalin […]
HKTDH

Berita Lainnya