Kayuh Sepeda, Wabup Kembang Pantau Gang Bersih

NEGARA – fajarbali.com | Menyusuri dan memantau beberapa gang bersih dan hijau di Kelurahan Pendem dan Baler Bale Agung Kecamatan Negara, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan didampingi lurah setempat, mengayuh sepeda gayung, Minggu (11/3/2018). Penyusuran gang-gang itu menempuh jarak kurang lebih tujuh kilometer.

Kembang menuturkan selain memantau perkembangan penataan gang dengan menggunakan sepeda, sekaligus bisa berolahraga. “Dengan sepeda, kita bisa berolah raga sekaligus memantau. Jaraknya pun bisa lebih jauh ketimbang dengan jalan kaki. Biasanya saya jalan kaki memantau proyek atau program Pemkab, hanya saja jaraknya terbatas. Dengan sepeda jaraknya bisa lebih jauh dan pemantauannya lebih detail ketimbang menggunakan mobil. Selain itu bisa menyapa masyarakat.” ujar Kembang.
Menurutnya penataan lingkungan tidak hanya menjadi sebuah kewajiban namun sebuah kebutuhan. “Dengan lingkungan yang bersih, tentunya akan membuat pikiran kita menjadi bersih. Mulailah dengan menanam di pekarangan rumah kita, kemudian lanjutkan ke gang-gang. 
Tanamannya pun tidak mesti dengan tanaman yang mahal, tetapi cukup dengan tanaman yang ada di sekitar berupa toga (tanaman obat keluarga), atau tanaman buah. Yang terpenting di tata dengan baik,” ujarnya. Ke depan, kelurahan atau desa lainnya di Jembrana diharap dapat mengadopsi ilmu yang ada di Kelurahan Pendem dan Kelurahan Baler Bale Agung. Bahkan menurutnya di Bali, baru Jembrana yang menjadi pioneer (pelopor) dalam menata gang menjadi lebih hijau. Bahkan ada kabupaten lain yang sudah melirik Jembrana untuk mengadopsi pola penataan gangnya.
Lurah Pendem, I Wayan Putra Mahardika mengatakan di kelurahannya kali ini sudah ada 17 gang yang tertata apik dengan cat, tanaman, hingga mural. Selain menyusuri gang, Kembang juga berbaur juga dengan masyarakat yang sedang melaksanakan penataan gang. W-003 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tanah Lot Akan Angkat Kuliner Khas Tabanan. 

Ming Mar 11 , 2018
TABANAN-fajarbali.com | Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima audensi Perusahaan Daerah (PD) Dharma Santika Tabanan, Jumat (9/3/2018) di ruang kerjanya. Kedatangan PDDS pada hari itu untuk menyampaikan tentang perkembangan rencana pembangunan Rumah Makan Desa di Tanah Lot yang saat ini sedang disusun Detail Engineering Desain (DED) nya.