Kawal Kondisi Kesehatan Pasien Isoman, Satgas Covid-19 Buleleng akan Terapkan Telemedicine

SINGARAJA-fajarbali.com | Guna mengawal kondisi kesehatan pasien Covid-19 yang akan menjalani isolasi mandiri (Isoman), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng berencana akan menerapkan layanan telemedicine.


Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan saat dikonfirmasi, Senin (9/8/2021) kemarin.

Lebih jauh, Suwarmawan menjelaskan layanan telemedicine itu merupakan program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng dipercaya untuk menjalankan pilot project.

”Kegiatan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Kabupaten Buleleng dipilih sebagai pilot projek pelaksanaan kegiatan ini,”jelasnya.

Baca juga :
Stimulus kepada Pedagang Pasar Blahbatuh Cair
Geger, Warga Temui Ekor Kera

Adapun prosedur telemedicine tersebut terdiri dari pengecekan kondisi pasien yang akan menjalani isoman, setelah itu akan ditentukan apakah pasien tersebut layak atau tidak untuk menjalani isoman.

”Dari hal itu kita bisa melakukan pengecekan kondisi pasien yang sedang menjalankan Isolasi Mandiri (Isoman) bila ada diperlukan seperti obat nantinya dokter akan meresep obat dan kita bawakan ke tempat pasien melakukan Isoman. Dalam memberikan pelayanan nantinya pihak banbinsa atau tim medis yang sudah dissiapkan akan mendatangi yang bersangkutan untuk melakukan pengecekan kesehatan dan menentukan obat-obat yang dibutuhkan tentunya semuanya harus dengan resep dokter,”tuturnya lagi.

Bahkan pihaknya juga menyebutkan kalau hal itu dinilai sangat membantu dalam memberikan pengawasan terhadap masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.”Kalau dilihat hal ini sangat membantu para pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri,”tutupnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bangun Herd Immunity Vaksinasi Dosis II Dilanjutkan

Sab Agu 14 , 2021
SINGARAJA-FAJARBALI.COM | Guna membangun herd immunity, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng gencar melakukan vaksinasi dosis II kepada masyarakat Buleleng. Hari ini pun, Senin, (9/8/2021) vaksinasi dosis II dilaksanakan di sejumlah desa dan kelurahan.