“Juragan DOKU” Diluncurkan untuk Dukung Digitalisasi UMKM

Sejak berdiri 16 tahun lalu, DOKU berkomitmen mendukung digitalisasi UMKM

(Last Updated On: 03/07/2023)

FOTO: DIGITALISASI-Peluncuran inisiatif “Juragan DOKU” di Jakarta, Senin (3/7/2023).

 

DENPASAR – fajarbali.com | DOKU merupakan perusahaan yang bergerak dalam layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko (risk management). Diawasi oleh Bank Indonesia. Sejak berdiri 16 tahun lalu, DOKU berkomitmen mendukung digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Terbaru, Senin (3/7/2023), DOKU meluncurkan inisiatif “Juragan DOKU” untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia.

Bersama mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), DOKU secara mantap masuk ke segmen UMKM setelah selama 16 tahun berfokus menggarap segmen korporat.

Melalui perhelatan ini, DOKU juga menyatakan transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan. Acara peluncuran ini juga turut dibuka oleh Plh Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto.

Ceo DOKU, Chris Yeo, dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar Bali di Denpasar, mengutarakan, “Juragan DOKU” merupakan inisiatif dari pihaknya untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu pihaknya melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay.

“Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers,” kata Chris Yeo.

Mereka (seocial selles-red) menjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini. Melalui Juragan DOKU ia berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran.

Inisiatif Juragan DOKU menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout.

Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan DOKU (tersedia di Play Store dan Apple Store), DOKU juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Head of SME DOKU, Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan DOKU untuk digitalisasi UMKM Indonesia.

Dukungannya tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki DOKU sebagai pionir payment gateway, ia ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia.

“Sejak kami memperkenalkan Juragan DOKU sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan. Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa,” katanya.

Adapun manfaat dari masing-masing fitur unggulan di aplikasi Juragan DOKU, pertama, Instant Checkout: Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Kedua, Payment Link: Beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial.

Ketiga, E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman. Kemudian, QRIS: Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi.

Dalam perjalanan bisnisnya DOKU telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi DOKU pasca pandemi COVID-19, dimana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi DOKU bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. rl

Next Post

Buronan Kasus Korupsi KUR BRI Cabang Denpasar Hilang Tanpa Jejak

Mon Jul 3 , 2023
” Masih dalam proses, dan masih ditindaklanjuti,” jawab pejabat yang akrab disapa Wira itu.
kasi intel kejari denpasar

Berita Lainnya