International Conference SEBATIK, Kolaborasi ITB STIKOM Bali dengan STMIK WICIDA Samarinda

“Kerja sama ini tidak hanya kali ini saja, nanti Kalimantan Timur akan jadi IKN (Ibu Kota Negara -red). Kita berharap ada sumbangsih Bali untuk pembangunan di Kaltim,” harapnya.

 Save as PDF

(Kiri-kanan) Ketua STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda Dr. Nursobah, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, Wakil Rektor III ITB Stikom Bali I Made Sarjana, Wakil Rektor II ITB Stikom Bali, Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE, MM.Kom.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Institut Teknologi dan Bisnis atau ITB Stikom Bali berkolaborasi dengan STMIK Widya Cipta Dharma (Wicida) Samarinda menggelar konferensi internasional tentang publikasi jurnal ilmiah, bertempat di Aula kampus setempat, Sabtu (3/12/2022).

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, M.Si dan ketua STMIK Wicida Dr. H Nursobah M.Kom. Sementara dari pihak ITB Stikom Bali pada kesempatan ini Rektor ITB Stikom Bali diwakili Wakil Rektor III bidang kerjasama dan inovasi I Made Sarjana, serta Wakil Rektor II Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE, MM.Kom.

Wagub Kaltim H. Hadi Mulyadi mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Bali dan Kalimantan Timur di bidang pendidikan. Menurutnya, Bali selama ini dikenal dengan pulau pariwisata. Namun, ternyata ada kampus IT terbesar se-Bali Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan, salah satu cita-cita bangsa yaitu menuju Indonesia emas pada tahun 2045, karenanya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk bisa mencapai impian bangsa tersebut.

“Diperlukan SDM yang berkualitas, salah satu yang memproduksinya adalah kampus, kami berterimakasih dan bangga dengan ITB Stikom Bali serta Wicida Samarinda, karena telah menjalin bekerjsama dan berkolaborasi dan kami menyadari untuk pembangunan bangsa tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus saling bekerjasama” kata Hadi Mulyadi

Pemukulan gong oleh Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi menandai dibukanya seminar.

Terkait kerja sama yang dilakukan, Wagub Kaltim H. Hadi Mulyadi menegaskan kerja sama tidak hanya dilakukan kali ini saja, namun diharapkan juga ada sumbangsih Bali untuk pembangunan Kaltim.

“Kerja sama ini tidak hanya kali ini saja, nanti Kalimantan Timur akan jadi IKN (Ibu Kota Negara -red). Kita berharap ada sumbangsih Bali untuk pembangunan di Kaltim,” harapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Inovasi ITB STIKOM Bali I Made Sarjana menyampaikan, pihaknya siap mendukung pemerintah dalam percepatan transformasi digital.

Seminar nasional yang diadakan di Bali ini, kata Sarjana, menjadi tekad antar kedua kampus untuk melakukan transformasi teknologi digital. “Seperti diketahui saat ini teknologi informasi bukan lagi sekedar pilihan tapi sudah keharusan,” terang Sarjana.

Dokumentasi foto bersama usai acara pembukaan seminar.

Sementara itu, Ketua STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda Dr. H. Nursobah mengatakan, Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik (SN SEBATIK) akan terus dikembangkan. Apalagi pihaknya didukung penuh oleh Pemprov Kalimantan Timur dan setiap tahun akan dikembangkan dengan target paling tidak 60-70 jurnal.

“Dengan tema yang bagus-bagus. Di mana tahun ini sudah masuk sekitar 66 jurnal yang sudah masuk,” katanya.

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2022 (SNSEBATIK) adalah Seminar Nasional kelima yang dilaksanakan oleh STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda dalam Rangkain Dies Natalis ke-31 STMIK Wicida.

Sebelumnya acara ini dilaksanakan Juni 2022 secara hybrid webinar di IKN. Bekerja sama dengan berbagai Editor Jurnal Nasional dan Internasional, Modern Education and Computer Science Press (MECS) dan Kementerian Hukum dan HAM (KEMENKUMHAM).

Semua paper yang dipresentasikan di SNSEBATIK tahun ini tidak lagi dipublikasikan di Prosiding, melainkan di Jurnal Terakreditasi SINTA, Jurnal Internasional, Jurnal Nasional dan HKI/IPR (Hak Kekayaan Intelektual). SNSEBATIK juga membuka kesempatan bagi para peneliti/dosen untuk bergabung menjadi invited speaker dalam seminar nasional ini.

SNSEBATIK tahun 2022 diselenggarakan 2 season, season I telah dilaksanakan di IKN (23 Mei 2022) dan season II dilaksanakan secara blended offline dan online Zoom di Bali (3 Desember 2022). SNSEBATIK 2022 juga memberikan diskon yang besar bagi pemakalah SNSEBATIK tahun lalu 2021. (rl/Gde)

 Save as PDF

Next Post

Kuasa Hukum Pelajar Jepang Akui Hubungan Suka Sama Suka, Ipung Keberatan

Ming Des 4 , 2022
Dugaan Pencabulan di Toilet di Pusat Perbelanjaan di Wilayah Badung
20221204_184534-14436738

Berita Lainnya