Indosat Bangkitkan Inovasi Startup Karya Perempuan Bali Melalui SheConnect Champion

(Last Updated On: )
Indosat bangkitkan inovasi startup karya perempuan Bali melalui SheConnect Champion. (Foto : Tha)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) membuka kesempatan pengembangan bisnis bagi para perempuan kreatif di Bali melalui ajang SheConnect Champion, sebuah ajang kompetisi pitching battle ide bisnis hasil karya perempuan Indonesia. Kegiatan yang digelar di United in Diversity (UID) Denpasar pada Rabu (3/7) bertujuan untuk membuka akses dalam mendorong pengembangan usaha rintisan atau startup kaum hawa melalui inovasi teknologi.

SheConnect Champion juga merupakan bagian dari rangkaian program SheHacks 2024 sebagai perwujudan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat melalui pilar Pengembangan Komunitas yang fokus pada pemberdayaan perempuan Indonesia. SheConnect Champion yang bertujuan untuk mengembangkan pola pikir tech-preneurial dalam komunitas perempuan Indonesia ini akan menghadirkan rancangan inovasi dari kandidat-kandidat perempuan yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan ide dan inovasi baru dalam mengembangkan bisnis wirausaha mereka, atau biasa dikenal dengan istilah technopreneurship.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan, SheConnect Champion membuka kesempatan bagi para perempuan pelaku usaha rintisan yang telah memiliki produk minimum yang layak atau minimum viable product (MVP) untuk mempresentasikan rencana bisnis inovatif mereka.

“Tujuan utamanya adalah mendorong dan mendukung perempuan Indonesia dalam perjalanan tech-preneurial mereka dengan memberikan kesempatan untuk mempresentasikan MVP yang telah dimiliki, menghubungkan mereka dengan ekosistem startup lokal, untuk meningkatkan pertumbuhan womenpreneur Indonesia,” kata Steve.

Kegiatan SheConnect Champion ini terbuka untuk umum dan diadakan di tiga kota yaitu  Batam, Bali dan Malang. Selama pitching battle, peserta SheConnect Champion akan mempresentasikan MVP mereka kepada para juri yang terdiri dari praktisi startup yang ahli dibidangnya masing-masing. Para pemenang akan dipilih berdasarkan kriteria inovasi berbasis teknologi yang dihadirkan, kelayakan pengembangan bisnis kedepannya, dan dampak potensial yang akan ditimbulkan.

Perempuan pemilik usaha rintisan lokal yang tertarik dapat hadir dalam ajang SheConnect Champion di kota terdekat dan mengikuti pitching battle, memperluas jejaring mereka, serta menggali pengalaman dari peserta lainnya serta para praktisi startup yang dihadirkan.

“Untuk dapat berpartisipasi, para calon peserta dapat mengirimkan proposal MVP mereka untuk diseleksi lalu diuji dalam pitching battle. Mereka juga dapat mendaftar secara online melalui website shehacks.id untuk mendapatkan fasilitas pelatihan sampai kesempatan mentoring 1-on-1 dari para ahli di bidang startup. Selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, hasil karya para pemenang SheConnect Champion juga bisa dipamerkan dalam showcase program SheHacks 2024 yang akan berjalan hingga akhir tahun ini,” terang Steve.

Lebih lanjut dikatakan, ajang ini memberikan kesempatan bagi 11 startup terpilih. Startup terpilih berkesempatan merepresentasikan rancangan inovasi teknologi untuk mengembangkan bisnis. “Rencana bisnis ini dinilai para juri yang terdiri dari praktisi startup dan venture capitalist yang ahli di bidangnya,” jelasnya..

Steve dihadapan 50 peserta menyampaikan sejumlah kiat, agar para startup dari kaum hawa dapat mempertahankan eksistensi. Salah satunya adalah mampu memanfaatkan kesempatan. Ia mengakui, tidak banyak kesempatan bisa didapatkan perempuan untuk bisa bertahan menjadi seorang pelaku usaha. (M-001)

Next Post

Angkat Cerita “Dempu Awang, Sanggar Titi Bah Duta Badung Tampilkan Arja Klasik di PKB ke-46

Ming Jul 7 , 2024
Cerita ini mengisahkan tentang Pangeran Kerajaan Kahuripan, Raden Mantri, yang mendapat pawisik dari sebuah mimpi.
IMG-20240706-WA0033

Berita Lainnya