Hasil Swab Keluar, Satu Warga Ayunan Dinyatakan Positif Covid-19

(Last Updated On: )

MANGUPURA – fajarbali.com | Penularan wabah Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Badung terus bertambah lantaran meningkatnya transmisi lokal. Dinas Kesehatan Kabupaten Badung mencatat hingga Selasa (26/5/2002) telah terjadi empat transmisi lokal di wilayahnya. 

 

Penularan paling masif terjadi di Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi. Kini, kasus baru bertambah di Desa Ayunan, Abiansemal.

I Gusti Agung Alit Naya selaku Koordinator Bidang Pencegahan Satgas Covid-19 Kabupaten Badung menjelaskan, satu orang memang benar telah dinyatakan positif Covid-19. Yang bersangkutan merupakan petugas medis di salah satu rumah sakit di Denpasar.

“Untuk di Ayunan itu dari hasil pemeriksaan Swab di Sanglah memang menunjukan positif covid-19 dan sudah dirilis masuk positif,” katanya.

Guna memastikan ada tidaknya transmisi lokal di lingkungan tempat tinggalnya, Gugus Tugas Provinsi Bali pun langsung memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan pada keluarganya. Pemeriksaan di Ayunan ini pun dilakukan secara cepat tanpa dirapid test melainkan langsung dilakukan Swab. Total ada 29 keluarga inti langsung di Swab massal.

“Kenapa langsung di Swab. Karena ada arahan provinsi biar tahu cepat hasilnya Keluarganya yang berjumlah 29 orang itu kini menjalani isolasi mandiri di rumahnya,” tegas Alit Naya.

 Sejauh ini, transmisi lokal yang paling  menjadi sorotan yakni kasus di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuwana, Mengwi. Bahkan, Diskes Badung harus melakukan rapid test seluruh warga setempat. 

“Nah, yang di Werdi Bhuwana itu baru sudah menularkan di luar keluarga intinya. Ini berdasarkan hasil stracing kita di lapangan,” jelasnya sembari mengatakan hingga Senin (25/5/2002) total terdapat sembilan transmisi lokal.

Rapid test massal terakhir dilakukan Senin (25/5/2020). Ditemukan sebanyak 21 orang hasilnya reaktif dari 777 yang ditest. “Yang 21 orang itu sudah lansung test Swab. Swab pertama Senin kemarin. Dan hari ini (Selasa) kita langsung Swab kedua. Untuk Swab pertama keluar nanti sore, yang hari ini (Swab kedua) besok,” papar Alit Naya.(put).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lagi, Dewan Pertanyakan Realisasi Anggaran Covid-19 di Badung

Sel Mei 26 , 2020
(Last Updated On: )MANGUPURA – fajarbali.com | Anggota Dewan Badung kembali mendesak Pemkab Badung segera merealisasikan alokasi anggaran Covid-19. Dewan pun mempertanyakan alasan pemerintah hingga kini belum merealisasikan anggaran tersebut sepenuhnya. “Dengan sudah ditetapkan Perppu corona menjadi undang-undang mengapa Badung  harus banyak menunggu regulasi. Masyarakat Badung semuanya terkena dampak,” tanya Wakil […]

Berita Lainnya