Gerakan Pramuka Kwarcab Badung Juara Umum Lomba Scout Creativity

(Last Updated On: 20/08/2021)

MANGUPURA-fajarbali.com l Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Badung meraih juara umum dalam pelaksanaan Lomba Bali Scout Creativity (BSC) yang ke-2 tahun 2021 yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Bali.


Meskipun dilaksanakan secara online selama hampir sebulan penuh mulai 15 Juli, lomba tetap berjalan baik dan lancar serta telah menghasilkan berbagai prestasi dari para anggota pramuka dari seluruh Bali dan berbagai kategori.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dilakukan oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin di Gedung Kwarda Bali, Denpasar tepat di Hari Pramuka yang ke-60, Sabtu (14/8/2021) lalu. Hadiah berupa piala bergilir diterima langsung Sekretaris Kwarcab Badung Dewa Made Muartha.

Dalam lomba tersebut, duta Kwartir Badung meraih juara di 5 (lima) kategori lomba. Diantaranya, juara I lomba video baca puisi perjuangan, golongan pramuka berkebutuhan khusus putra diraih Muh. Bintang Ramadan (SLB YPAC Bali di Jimbaran), juara I lomba baca puisi perjuangan, golongan pramuka berkebutuhan khusus putri diraih Dewa Ayu Widia Widyantari (SLB YPAC Bali di Jimbaran), juara I lomba best practice, golongan pembina pramuka penegak diraih I Putu Adi Sanjaya, SPd (SMAN 2 Kuta). Juara II lomba video inovasi permainan regu, golongan pramuka penggalang diraih regu rajawali (SMPN 1 Abiansemal) dan juara II lomba video pantomin perjuangan, golongan pramuka berkebutuhan khusus diraih Made Ardika dan Cecilia Astrid (SLB 1 Badung).

Dalam sambutannya Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin  menyampaikan, meskipun dilaksanakan secara online akan tetapi tidak menghilangkan esensi dan menghasilkan output dengan kualitas yang tidak jauh melenceng dari harapan dan tujuan dari BSC tersebut. “Selamat buat Kwarcab Badung,  karena tahun ini telah meraih Juara Umum dan piala bergilir Kwarda Bali, ini sebagai bonus di hari Pramuka ke-60, dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan kalau bisa ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Rentin yang juga Kepala BPBD Provinsi Bali sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 menjelaskan bahwa tujuan utama pelaksanaan BSC ini adalah sebagai stimulan dan memotivasi anggota pramuka  untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas di tengah pandemi covid-19 dan dalam rangka menyongsong kenormalan baru.

BACA JUGA :
Kasus Toko Mayang, Jaksa Bakal Tanyakan Penyidik Soal Kelanjutan P-19
Covid Di Bangli Meroket, Sehari Tembus 102 Kasus Sejumlah Desa Telah Siapkan Isoter Berbasis Desa Adat

Lebih lanjut, Rentin juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan serangkaian Hari Pramuka tahun ini berjalan sangat lancar di luar ekspektasinya. Hal-hal yang dikhawatirkan seperti pelanggaran protokol kesehatan, dapat diatasi dengan sangat baik. Pemanfaatan teknologi informasi sebagai cara penyesuaian terhadap kenormalan baru, ternyata sudah sangat tidak menjadi kendala di organisasi pramuka khususnya Kwarda Bali. Kwarda Bali Goes to 4.0 ternyata benar-benar diterapkan.

Meskipun demikian, Rentin tetap mengingatkan kepada semua anggota pramuka, bahwa prestasi itu sangat penting, akan tetapi di masa pandemi ini kesehatan juga sangat penting. Untuk itu, pada momentum hari pramuka ini, semua anggota pramuka dihimbau untuk tetap sebagai Duta Perubahan Perilaku khususnya dalam penerapan Protokol Kesehatan.

Mengutip ucapan Presiden RI,  Joko Widodo “Pramuka harus menjadi teladan dan contoh dalam penerapan Protokol Kesehatan. Diakhir sambutannya Rentin menyampaikan Selamat hari Pramuka ke-60, semoga  di usia ke- 60,  Pramuka  sudah mampu menjadi organisasi yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa, sesuai slogannya “Berbakti Tanpa Henti”.

Sementara menurut Ketua Panitia Lomba BSC tahun 2021 yang juga Sekretaris Komisi Bina Muda, Made Agung Ari Yasa, S.Pd, M.Pd.H,  lomba kali ini dibedakan untuk masing-masing golongan pramuka. Golongan siaga berlaga dalam lomba mendongeng dalam Bahasa Bali (Mesatua). Pramuka penggalang di SMP/MT mengikuti lomba Video Inovasi Permainan Regu.

Pramuka golongan penegak/pandega mengikuti lomba Film Pendek Edukasi Pariwisata Budaya. Pramuka berkebutuhan khusus mengikuti lomba pantomim perjuangan, khusus bagi kategori tunarungu, sedangkan tunanetra, tunagrahita, tunadaksa dan autis mengikuti lomba baca puisi perjuangan. Khusus untuk Pembina pramuka mengikuti lomba Best Practice.

Agung Ari menambahkan, lomba  BSC memperebutkan Piala Bergilir Ketua Kwarda Bali dan untuk tahun ini Piala bergilir jatuh ke Kwarcab Badung. Dari segi pelaksanaan, tidak ada hambatan berarti, hanya penyelarasan sistem kombinasi daring dan luring saat penjurian. Para peserta juga sudah memiliki gambaran pelaksanaan lomba, bercermin dari tahun lalu.

Selain Upacara, penyerahan hadiah, di hari Pramuka ini, Kwarda Bali juga tidak lupa untuk berbagi dengan membagikan 400 lebih nasi bungkus kepada masyarakat Denpasar, yang dilaksanakan di depan Kantor Kwarda Bali, Renon Denpasar. (put)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hadiri Gertam Padi di Desa Tibubeneng, Sekda Badung Ajak Krama Subak Bangga Menjadi Petani

Jum Agu 20 , 2021
Dibaca: 24 (Last Updated On: 20/08/2021)MANGUPURA-fajarbali.com l Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri Gerakan tanam (Gertam) Padi Varietas Inbrida di Subak Saih Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Jumat (13/8/2021). Turut hadir Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, Kabid Produksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi […]

Berita Lainnya