Gempa Bumi Guncang Karangasem, Satu Meninggal Dunia

AMLAPURA-fajarbali.com | Warga Karangasem, Sabtu (16/10/2021) sekitar pukul 04.00 wita pagi dikejutkan dengan gempa bumi Magnitude 4.8 SR. Bencana di pagi buta itu, menimbulkan korban satu meninggal, dan tujuh orang lainya harus mendapat perawatan karena mengalami luka-luka dan puluhan bangunan mengalami kerusakan. Sampai saat ini, BPBD Karangasem masih melakukan pendataan kebawah.

Gempa yang berpusat di 8 Kilometer Barat Laut Karangasem dengan kedalaman 10 Kilometer dirasakan hampir di seluruh Kabupaten Karangasem. Dampaknya pun dirasaka hingga ke Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli. Di kabupaten Karangasem, wilayah terparah terdampak gempa dirasakan oleh warga di Desa Ban, Kecamatan Kubu. Hal itu juga dibenarkan Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Arimbawa. 

Dari laporan awal yang diterimanya, sebut Arimbawa, sejumlah bangunan mulai pelinggih Pura, sampai rumah mengalami kerusakan. Bahkan, kata Arimbawa, menimbulkan korban nyawa satu orang meninggal karena tertimbun reruntuhan bangunan di dusun Jati Tuhu. “Kita masih kumpulkan data di bawah, tim sudah bergerak sejak pagi ke lokasi. Kalau data awal memang ada satu korban jiwa,” ujar Arimbawa. 

Selain merusakan puluhan bangunan di Desa Ban, Arimbawa juga mengatakan, ada tujuh warga yang mengalami luka-luka sehingga harus mendapatkan perawatan di RSUD Karangasem dan Puskesmas terdekat. Gempa bumi juga membuat akses jalan Kubu menuju kecamatan Rendang juga terputus karena tertimbun material longsor. “Selain di kecamatan Kubu, dampak gempa juga merusakan sejumlah bangunan di Desa Pempatan, Rendang,” ujarnya. 

Sementara, mendapat laporan dampak gempa, bupati Karangasem I Gede Dana rencana akan turun menemuai warga yang terdampak. Gede Dana mengaku turun sehabis melaksanakan virtual dengan Gunernur Bali. “Sehabis virtual dengan pak gubernur turun kelokasi,” ujarnya. W(bud)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gerak Cepat Kodam IX/Udayana Atasi Bencana Gempa di Bangli dan Karangasem

Sab Okt 16 , 2021
DENPASAR – Fajarbali.com | Kodam IX/Udayana selaku komando kewilayah bergerak cepat melakukan penanganan akibat bencana alam (gempa bumi) yang terjadi pada, Sabtu (16/10/2021) pukul 04.32 WITA di wilayah Kabupaten Bangli dan Karangasem.  Save as PDF

Berita Lainnya