Gaungkan Potensi Destinasi Edutainment, Lions Club Gelar Penanaman Terumbu Karang di Pantai Mertasari

(Last Updated On: 19/02/2024)
Lions Club Bali Surya Host dan Lions Club Jakarta Cosmo Cyber, berkolaborasi menggelar kegiatan penanaman Terumbu Karang di Pantai Mertasari, Sanur, Minggu (18/2).

 

DENPASAR-Fajarbali.com | Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Lions Club Bali Surya Host dan Lions Club Jakarta Cosmo Cyber, berkolaborasi menggelar kegiatan penanaman Terumbu Karang di Pantai Mertasari, Sanur, Minggu (18/2). Kegiatan ini menjadi satu bentuk potensi rekreasi sekaligus edukasi atau sering disebut dengan Edutainment. 

Lion Dewi Yahya selaku Presiden Lions Club Jakarta Cosmo Cyber, mengatakan, kegiatan ini adalah merupakan kegiatan berkaitan dengan lingkungan, yang menjadi salah satu pilar penting dari program Lions Club International. Melalui kegiatan penanaman terumbu karang ini, pihaknya berupaya untuk merestorasi dan melestarikan keberadaan terumbularang di pantai Sanur. 

Program penanaman terumbu karang yang digelar Lions Club ini kata dia, baru pertama kali digelar yang berkolaborasi dengan Lions Club Bali Surya Host. Kedepan pihaknya akan terus berkolaborasi agar kegiatan yang digelar bisa berkesinambungan.  

Terkait kepedulian terhadap lingkungan ini, pihaknya juga ingin berafiliasi dengan Lions Club dari luar, yakni India. Kedepan pihaknya akan menggandeng club dari India ini untuk ikut terlibat dalam setiap kegiatan seperti ini, sambil juga memperkenalkan potensi wisata yang ada. 

Pada kegiatan ini, ada sebanyak 100 bibit terumbu karang yang ditanam di perairan Sanur. Yang mana, melalui kegiatan ini, pihaknya juga mengajak generasi muda sekaligus untuk mengedukasi mereka. Dengan konsep Edutainment, pihaknya berharap tak hanya berekreasi, namun juga ada unsur edukasinya termasuk terkait kepedulian terhadap sampah. “Sambil penanaman terumbu karang, kita tadi juga melakukan pembersihan sampah pantai. Ini juga salah satu aspek edutainment,” ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh Presiden Lions Club Bali Surya Host, Lion I Putu Astika. Menurutnya, kolaborasi yang digelar bersama Lions Club Jakarta Cosmo Cyber ini, bertujuan memberikan hal positif untuk masyarakat Bali. Dari lima fokus kegiatan dari Lions Club, untuk program lingkungan, selama ini pihaknya biasanya melakukan penanaman pohon, pelepasan tukik, pelepasan burung local. Namun untuk saat ini, program lingkungan yang dilakukan dengan menggelar penanaman terumbu karang.

Penanaman terumbu karang ini menurutnya penting untuk terus dilakukan. Mengingat Bali memiliki banyak destinasi pariwisata, seperti di Sanur, Tulamben, Nusa Penida dan Bali Barat. “Kita ingin konservasi terus dilakukan, sehingga keberadaan terumbu karang di destinasi tersebut bisa dipertahankan,” harapnya.

Untuk di Sanur, konservasi terumbu karang yang dilakukan, menjadi percontohan yang sangat bagus bagi daerah lain. Hal itu karena, pelestarian terumbu karang di tempat ini, menggunakan teknik baru. “Kita sudah praktek teknologi terbaru ini. Hal ini harus digalakkan sebagai potensi destinasi edutainment, yakni selain rekreasi, plus ada sosial dan edukasi. Ini diharapkan mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Bahkan diharapkan semakin banyak pihak ikut terlibat dalam pelestarian lingkungan ini. Dengan semakin banyak yang terlibat, semakin banyak terumbu karan yang terselamatkan,” ucapnya.

Lions Club Indonesia sebagai bagian dari Lions Club International sebagai sebuah Organisasi kemanusiaan yang sudah berdiri sejak tahun 1917 konsen memberikan bantuan dengan lima pilar agenda kegiatan sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat. Lima pilar itu adalah lingkungan hidup (Environment), kemudian bantuan untuk anak anak kanker (Childhood Cancer), kemudian membantu yang kekurangan pangan (Hunger Relief), kemudian diabetes, dan terakhir adalah (vision) yang berkaitan dengan gangguan penglihatan.W-004

 

 Save as PDF

Next Post

Bulan Bahasa Bali Spenas, Kemampuan Siswa SD Bikin Juri Bingung

Sen Feb 19 , 2024
“Jujur kami sampai kebingungan mau memberikan nilai berapa, karena semua peserta penampilannya luar biasa bagus-bagus"- Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suwija, M.Hum. 
ffb62dcc-438c-4821-bdbb-c4db209c8d90

Berita Lainnya