Gagal Berangkat ke Kamboja, Tiga WNI Diserahkan ke BP3MI Bali

Ngaku Ditawarkan Oleh Temanya Berinisial R

 Save as PDF
(Last Updated On: )

BATAL BERANGKAT-Tiga warga Indonesia yang batal berangkat ke Kamboja diserahkan ke BP3MI Provinsi Bali. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Tiga warga Indonesia yang dibatalkan keberangkatanya ke Kamboja masih berlanjut. Terkini, penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai menyerahkan ketiganya ke pihak BP3MI (Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Provinsi Bali. 
 
Penyerahan itu berlangsung pada Kamis 27 July 2023. Mereka yang diserahkan yakni pria berinisial J (35) dan 2 wanita yaknk YP (33) an FF (28) ketiganya asal Jakarta. 
 
Menurut Kasat Reskrim Iptu Rionson Ritonga, S.H., M.H. seijin Kapolres Kawasan bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E., ketiga WNI yang diamankan ini sebelumnya sempat dibatalkan keberangkatany ke luar negeri oleh pihak Imigrasi pada Rabu 26 July 2023. Sebab, ketiganya berangkat ke luar negeri karena akan bekerja secara non prosedural, atau tanpa dilengkapi dokumen ketenagakerjaan ke Kamboja. 
 
“Mereka akan berangkat ke luar negeri dengan mengunakan maskapai penerbangan Air Asia dengan tujuan Kuala Lumpur (Malaysia) dan tujuan akhir Phnom Penh (Kamboja),” ungkap Iptu Rionson, pada Minggu 20 July 2023. 
 
Dijelaskannya, tujuan keberangkatan ketiga WNI ini ke Kamboja untuk bekerja sebagai admin judi online. “Segala pembiayaannya ditanggung oleh seseorang yang berinisial R di Kamboja,” terangnya. 
 
Sementara antara orang yang berinisial “R” dan 3 WNI itu sudah saling kenal karena dulunya mereka bertiga sudah pernah bekerja di Kamboja. “Jadi mereka bertiga mendapat tawaran kerja di Negara Kamboja dari “R”,” tegasnya. 
 
Terkait dengan dugaan salah satu dari ketiga WNI ini masuk dalam grup media sosial Telegram Jual Ginjal, Iptu Rio menjelaskan bahwa belum ditemukan bukti-bukti mengarah kesana. 
 
Dari hasil pemeriksaan penyidikan ketiganya mengaku tidak pernah masuk grup ataupun join di Grup Jual Ginjal seperti informasi yang beredar belakangan ini. 
 
“Jadi hal ini untuk meluruskan informasi yang beredar dan berdasarkan pengakuannya mereka tidak ada keterkaitan dengan grup jual ginjal tersebut. Tetapi penyidik akan tetap mencoba mendalami lagi kebenaran informasi tersebut dalam penyidikan nantinya,” sebutnya. 
 
Berkaitan dengan proses pemulangan ketiganya, Sat Reskrim sudah berkoordinasi dan komunikasi dengan pihak BP3MI Bali untuk proses pemulangannya ke daerah asalnya. R-005 
 Save as PDF

Next Post

Turis India Gasak Iphone di Ubud, Diringkus Kabur di Canggu

Ming Jul 30 , 2023
Curi Iphone di Kolam Renang
IMG_20230730_210928

Berita Lainnya