Fishum UNR dan Desa Dauh Puri Kaja Teken MoU

mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka turut menyukseskan program-program pemerintah desa.

(Last Updated On: )

Dekan Fishum UNR Dr. I Wayan Astawa, MAP., menandatangani perjanjian kerja sama dengan Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, Jumat (28/4/2023).

 

DENPASAR – fajarbali.com | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai (Fishum UNR) meningkatkan kerja sama dengan berbagai instansi.

Terbaru, Dekan Fishum UNR Dr. I Wayan Astawa, MAP., menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, Gusti Ketut Sucipta, Jumat (28/4/2023), di kantor perbekel setempat.

Astawa menyebut, kerja sama ini bertujuan mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka turut menyukseskan program-program pemerintah desa.

Selain itu, dekan menambahkan, MoU ini sebagai ajang mendekatkan Fishum UNR dengan masyarakat Dauh Puri Kaja, agar lebih dikenal. Apalagi jaraknya relatif dekat.

“Kami berterima kasih karena telah diterima dengan baik. Kerja sama ini sangat bermanfaat bagi sivitas kami, terutama mahasiswa agar mendapatkan pengalaman nyata bermasyarakat,” kata Astawa.

Dalam waktu dekat, MoU ini akan diawali dengan sosialisasi oleh kelompok mahasiswa didampingi dosen ke semua dusun yang ada di Dauh Puri Kaja.

Sosialisasi meliputi persoalan administrasi kependudukan, hukum, politik dan sebagainya. “Kami siap kerahkan mahasiswa dan dosen,” jelasnya.

Senada, Perbekel Desa Dauh Puri Kaja Gusti Ketut Sucipta mengapresiasi terjalinnya MoU antara desa yang dipimpinnya dengan Fishum UNR. Menurutnya, ilmu-ilmu dari dosen serta mahasiswa sangat bermanfaat bagi warganya.

Apalagi, kata Gusti Sucipta, Dauh Puri Kaja adalah desa yang unik dari sisi kemajemukan warganya. Boleh dikatakan, Dauh Puri Kaja ibarat miniaturnya Indonesia.

Salah satunya dusun yang ada diwilayahnya, yakni Wanasari, dihuni oleh penduduk muslim dari berbagai suku. Mereka berbaur dengan penduduk Hindu Bali sejak lama. Dan, tidak ada masalah.

“Kami sangat mengedepankan nilai-nilai toleransi. Kami saling jaga dengan umat lain. Contoh pas Idul Fitri kemarin, umat Hindu turut mengamankan. Begitu sebaliknya,” kata Gusti Sucipta.

Kehadiran Sivitas Fishum UNR diharapkan mempererat kerukunan yang telah terbangun selama ini. Selain membantu pemerintah desa dalam tertib administrasi kependudukan dan edukasi tentang hal-hal yang bermanfaat.

Pada saat yang sama, perbekel sangat mengapresiasi peresmian Sekolah Perempuan Srikandi Dauh Puri Kaja. Dukungan pun diberikan dengan menerbitkan SK kepengurusan.

Dia berharap, perempuan semakin terwakili dalam arah pembangunan nasional dan daerah, serta mencegah upaya kekerasan pada perempuan dan anak. (Gde)

Next Post

Tiga Master Trading Berbagi Tips Cuan! Profit itu Nyata

Ming Apr 30 , 2023
(Last Updated On: ) FOTO: (kiri-kanan) AA Gede Mahendra, Gema Goeyardi dan Hengky Suryawan.   DENPASAR – fajarbali.com | Ratusan trader profesional, pemula hingga kalangan umum mendapatkan pencerahan dari tiga master trading, yakni Branch Manager MIFX Denpasar Hengky Suryawan, Founder Metamoksa &101 army AA Gede Mahendra dan Founder & CEO […]
astro

Berita Lainnya