Film “Sepeda Presiden” Tandai 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya

(Last Updated On: )

MANGUPURA-fajarbali.com | Film ‘Sepeda Presiden’ yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio merilis poster resmi Sepeda Presiden dalam rangkaian ’40 Tahun Garin Nugroho Berkarya’ di acara Bali International Film Festival (Balinale) ke-14 yang berlangsung di XXI, Park 23, Kuta, Bali, Minggu (14/11/2021).

“Film berjudul ‘Sepeda Presiden’ ini dikemas menjadi film keluarga yang mengajak kita bernyanyi dan bergembira bersama. Ada nuansa kebahagiaan yang ingin ditampilkan lewat 15 lagu yang menghiasi film ini dalam warna tradisi Papua, pop kreatif dan rap. Film yang dibintangi Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, Joanita Idol dan Papua Kids yaitu 3 anak Papua yang berbakat; Arnold Asmuruf, Franken Ramandei, Elias Pandawa. Untuk produksi lagu, Radepa Studio bekerjasama dengan RPM, yang juga telah merilis OST ‘Risau’ yang dinyanyikan Ariel Tatum pada 29 Oktober 2021,” ungkap Garin Nugroho.

  Dalam forum diskusi 40 Tahun Berkarya dan Film Sepeda Presiden Bersama Garin Nugroho, Ariel Tatum, Hikmat Dharmawan dan Avesina Soebli di acara Balinale, Garin memberi pengantar bahwa sebuah perjalanan kebahagiaan ingin dihadirkan lewat film Sepeda Presiden. “Ini bentuk dedikasi saya, kerinduan saya terhadap film anak-anak yang akhirnya saya wujudkan lewat film ini,” kata Garin.

  Film panjang yang pertama Garin buat adalah ‘Cinta Dalam Sepotong Roti’ yang rilis di tahun 1990 dan berhasil meraih Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia. Sederet prestasi dan penghargaan nasional maupun internasional sudah pernah diraih oleh sutradara legendaris ini. Untuk Film Sepeda Presiden ini menjadi salah satu penanda 40 tahun Garin Nugroho berkarya dari kecintaannya terhadap anak-anak, musik, Indonesia dan negeri Papua. “Meskipun sudah berkali-kali mengunjungi Papua, kecintaan dan kekagumannya akan keindahan tanah Papua tak pernah berkurang sedikitpun. Bagi saya, Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta akting, tari dan nyanyi, serta kegembiraan,” ujarnya.

  Garin Nugroho yang baru saja mempertunjukkan karya teaternya berjudul “Planet, A Lament – sebuah nyanyian tentang alam dari Melanesia dan berkeliling Australia, Belanda hingga Jerman ini menganggap bakat-bakat yang dimiliki para sahabat Papua ini, memberi inspirasi besar baginya untuk menggarap film Sepeda Presiden bersama dengan Hestu Saputra yang menjadi Co-Director.

  “Film Sepeda Presiden ini adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia. Mengangkat cerita tentang impian kebanyakan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara yang lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan. Sepeda Presiden juga merupakan film tentang literasi. Literasi digital maupun literasi informasi,” pungkas Garin. (dha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

UMKM, Pahlawan Ekonomi di Masa Pandemi

Sen Nov 15 , 2021
(Last Updated On: )DENPASAR-fajarbali.com | Saat berbicara tentang Hari Pahlawan yang diperingati di tanggal 10 November, mayoritas orang akan menyebutkan nama-nama pahlawan yang dulu ikut berjuang melawan penjajah. Tentu tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Berita Lainnya