Disbud Harapkan Kreativitas Sekaa Teruna/Yowana Semakin Meningkat

Penilaian dilakukan mulai Senin 19 hingga 22 Februari 2024

 Save as PDF
(Last Updated On: 22/02/2024)
Tim juri dari Disbud Badung saat melakukan penilaian kepada salah satu ogoh-ogoh dari Sekaa Teruna/Yowana di Kabupaten Badung. 

 

 

MANGUPURA – Fajarbali.com | Penilaian lomba ogoh-ogoh di Kabupaten Badung sudah mulai dilakukan Dinas Kebudayaan setempat. Penilaian dilakukan mulai Senin 19 hingga 22 Februari 2024. Penilain dilakukan dengan sistem zona wilayah yang dibagi menjadi 7 sama seperti tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha membenarkan bahwa penilaian sudah berjalan. Pihaknya mengatakan, sistem penilaian tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Penilaian dilakukan dua tahap yakni antar zona dan penilaian di kabupaten. “Jadi setalah ditetapkan juara di tingkat zona, baru dinilai lagi di Kabupaten yang menang,” ucapnya

 

Kemudian, setelah penilaian antar zona yang sudah ditetapkan, barulah dilakukan penilaian di tingkat Kabupaten untuk menentukan terbaik I, II, III serta juara harapan. 

 

“Pada penilaian zona ini, tim juri masing-masing zona menentukan tiga ogoh-ogoh nominasi terbaik untuk diajukan pada penilaian oleh Tim Penilai Kabupaten,” ujarnya.

 

Sudarwitha mengakui ada beberapa kriteria yang wajib dipatuhi peserta antara lain tinggi ogoh-ogoh, yakni maksimal lima meter diukur dari atas alas atau kotak. Kemudian, ogoh-ogoh terbuat dari bahan-bahan alam ramah lingkungan. Tidak diperbolehkan menggunakan styrofoam, spon, dan plastik sekali pakai. Kemudian, bentuk ogoh-ogoh juga diatur harus bercirikan tradisi Hindu Bali dengan tidak menampilkan unsur Politik, SARA, dan Pornografi.

 

“Wujud ogoh-ogoh dapat berupa Santa Rupa (figur Dewa) atau Rudra Rupa (figur Raksasa). Kami juga meminta narasi atau sinopsis ogoh-ogoh dipajang pada saat penilaian.Pada saat penilaian juga keputusan tim juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” imbuhnya.

 

Ada 584 Yowana dan Sekaa Teruna di Badung yang mendapatkan bantuan dana Rp 20 juta dengan anggaran yang dikeluarkan Badung mencapai Rp 11 Miliar lebih. Seluruh Seka Teruna dan Yowana tersebut pun wajib mengikuti lomba ogoh-ogoh. 

“Kami mengharapkan dengan terus dilombakan kreativitas pemuda di Badung semakin meningkat. Seka teruna juga diminta untuk selalu berinovasi pada kreativitas yang dilaksanakan,” paparnya.W-004

 

 Save as PDF

Next Post

Sebanyak 469 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka 2024 Badung

Jum Feb 23 , 2024
Sedang dilaksanakan pendataan untuk dipanggil kembali dan melaksanakan tes selanjutnya.
IMG-20240222-WA0036

Berita Lainnya