Dinas Sosial Karangasem Apresiasi Yayasan Dharma Sedana Santhi

Pembinaan

Pembinaan Yayasan Dharma Sedana Santhi oleh Dinas Sosial Kabupaten Karangasem, Kamis (22/9).

 

KARANGASEM – fajarbali.com | Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (Dinsos P3A PPKB) Kabupaten Karangasem mengapresiasi keberadaan Yayasan Dharma Sedana Santhi yang dengan konsisten menggarap kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Karangasem I Nyoman Sepel Dyantara, S.Pd saat melakukan pembinaan di Yayasan Dharma Sedana Santhi, di Dusun Bengkel, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (22/9/2022).

Ia mengatakan, Yayasan merupakan perpanjangan tangan dari Dinsos, oleh sebab itu dalam menjalankan program-program sosial dibutuhkan kehadiran Yayasan, sebab untuk mendapatkan data yang sesuai kriteria selain pada pemerintah desa, bisa juga diperoleh dari Yayasan.

“Yayasan ini sudah berjalan lancar, banyak kegiatan sosial kemanusiaan telah dijalankan. Pendataan kemiskinan juga merupakan tugas kami, oleh sebab itu kami akan terus bersinergi” ujar Nyoman Sepel

Ia berpesan kepada segenap pengelola Yayasan agar senantiasa selalu disiplin administrasi maupun dokumentasi, sebab menurutnya dokumen tersebut sangat penting guna transparansi dan akuntabilitas dalam pelaporan dan pertanggung jawaban.

Ketua Yayasan Dharma Sedana Santhi, I Wayan Pasek Sujena, S.Pd menyambut baik adanya pembinaan yang diberikan Dinas sosial Kabupaten Karangasem. Ia mengatakan beberapa program sosial kemanusiaan yang digarap juga tak lepas dari kerjasama Dinas sosial Karangasem.

“Baru-baru ini pihak Dinsos menyumbang tiga buah kursi roda adaptif dan telah kami salurkan kepada masyarakat disabilitas di wilayah Desa Antiga Kecamatan Manggis” kata Sujena.

Ia menjelaskan, selain bergerak dalam bidang sosial, Yayasan Dharma Sedana Santhi melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga menggarap program pendidikan yaitu pendidikan kesetaraan dan pendidikan keaksaraan.

“Selain kegiatan sosial, kami juga menjalankan program pendidikan

Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA” jelasnya

Disamping itu, guna menurunkan buta aksara, program Yayasan ini juga sangat gencar dengan menjalankan program Keaksaraan Dasar dan Keaksaraan Usaha Mandiri.

“Kegiatan pembinaan lembaga sangat bermanfaat bagi lembaga Yayasan guna meningkatkan manajerial, ketertiban administrasi dan peningkatan kapasitas serta kompetensi Yayasan itu sendiri” pungkas peraih Anugerah Pegiat Pendidikan Keaksaraan Tahun 2022 itu.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kewilayahan, Babin Kambtibmas, serta warga masyarakat binaan Yayasan Dharma Sedana Santhi. (rl)

Next Post

Lintas Sektor, Dinsos Fasilitasi Penanganan Masalah Ketelantaran

Jum Sep 23 , 2022
Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menggelar rapat koordinasi (Rakor) berlangsung di ruang rapat Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Kamis (22/9) rakor dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra. SINGARAJA – fajarbali.com I Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama stake holder […]
IMG-20220922-WA0049-393c6af7