Cegah Stunting Diskan Badung Serahkan Paket Olahan Ikan di Desa Jagapati

Sebanyak 150 paket olahan ikan diserahkan

(Last Updated On: )
Kepala Diskan Badung I Nyoman Suardana menyerahkan paket olahan ikan kepada balita, anak-anak serta ibu hamil di Desa Jagapati untuk pencegahan stunting, Kamis (20/6).

 

MANGUPURA-fajarbali.com | Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Badung menyerahkan paket olahan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat Desa Jagapati. Sebanyak 150 paket olahan ikan diserahkan Kepala Diskan Badung, I Nyoman Suardana kepada balita, anak-anak serta ibu hamil. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Puseh, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, Kamis (20/6).

Kepala Diskan Badung I Nyoman Suardana menjelaskan program penyerahan paket olahan ikan kali ini memasuki tahap kelima dari total sepuluh lokus yang menjadi target sasaran kegiatan di Kabupaten Badung tahun 2024. Lebih lanjut dijelaskan program ini bertujuan menindaklanjuti program pemerintah pusat dalam mencegah stunting. “Target sasarannya ditunjukkan kepada ibu hamil, balita, dan calon pengantin,” ujarnya. 

Pihaknya menambahkan paket ikan yang diserahkan yakni olahan ikan lele dan ikan nila. Dipilihnya kedua jenis ikan ini karena kaya akan protein yang diperlukan bagi tumbuh kembang anak. “Tidak hanya itu, ikan lele dan nila merupakan hasil budidaya kelompok-kelompok ikan yang ada di Kabupaten Badung yang dikoordinir oleh kelompok pemasar Tunjung Putih di Desa Kekeran,” katanya.

Menurutnya Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Badung baru 38,64 Kg persen per tahun. Menyikapi fenomena ini ia berharap agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan karena kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan sangatlah tinggi.

“Artinya masing-masing orang baru mengkonsumsi ikan sebanyak 38 Kg per orang per tahunnya. Sementara di negara Jepang sudah 120 Kg per orang per tahun,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung yang diwakili oleh Wakil Ketua Pokja III Ni Made Suati menyampaikan, gerakan memasyarakatkan makan ikan ini merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kecerdasan dan derajat kesehatan masyarakat.

“Mengingat makan ikan sangat baik bagi kesehatan, saya mengajak seluruh masyarakat Badung mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk membiasakan makan ikan. Melalui pemberian satu paket olahan ikan bagi masyarakat potensi stunting, ibu hamil dan balita diharapan tingkat konsumsi ikan semakin meningkat,” terangnya.W-004

 

Next Post

Rayakan HUT Ke-54 Astra Motor, Astra Motor Bali Berkomitmen Berikan Layanan Terbaik untuk Konsumen

Kam Jun 20 , 2024
(Last Updated On: ) Perayaan HUT ke-54 Astra Motor yang digelar oleh jajaran dan staf Astra Motor Bali. (Foto: ist)   DENPASAR-fajarbali.com | Astra Motor Bali merayakan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Astra Motor yang dilaksanakan secara hybrid dengan dihadiri seluruh kalangan internal, Rabu (19/06). Kemeriahan juga terlihat saat […]
1718865554162_copy_717x533

Berita Lainnya