Cegah Penyebaran Virus Corona, 5 Hal Penting Ini Perlu Diketahui

DENPASAR – fajarbali.com | Virus Corona yang menjadi momok menakutkan bagi warga dunia kini mulai masuk ke Indonesia. Dua orang warga Indonesia (WNI) dinyatakan positif terjangkit virus corona. Hal itu diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Jokowi, dua WNI tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

 

 

Virus corona baru, Covid-19, telah mewabah di 63 negara di dunia.

Menurut WHO, jumlah kasus terbanyak masih berada di daratan China. Korea Selatan menjadi negara terbanyak yang terinfeksi virus corona di luar Tiongkok. Dikutip dari peta COVID-19 yang dibuat oleh Universitas Johns Hopkins CSSE, tercatat korban terinfeksi mencapai 90.426 kasus dan korban meninggal semuanya 3.116 orang.

Dilansir dari laman resmi WHO, berikut adalah 5 hal penting yang perlu diperhatikan terkait wabah virus corona atau Covid-19 diantaranya :

 

1. Cuci tangan sesering mungkin

Secara teratur dan menyeluruh. Bersihkan tangan dan gunakan cairan berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air yang mengalir. Mencuci tangan dengan benar dapat membunuh kuman dan virus yang mungkin menempel ditangan. 

 

2. Jaga jarak dan gunakan masker. 

Jagalah jarak setidaknya 1 meter antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

 

Mengapa demikian?

 

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, bisa saja menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19. Selain itu, pencegahan dapat dilakukan dengan pengunaan masker yang benar untuk mengantisipasi penyebaran langsung, terlebih dikeramaian.

 

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

 

4. Kebersihan pernafasan.

Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, menjaga kebersihan pernapasan yang baik.

Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu atau masker bekas.

 

Mengapa?

 

Tetesan menyebarkan virus. Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu dan COVID-19. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari perawatan medis sejak dini.

 

5. Update Terus Informasi Terbaru.

Perbaharuilah informasi Anda tentang perkembangan terbaru tentang COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah Anda.

 

Pengumuman resmi dari otoritas terkait setidaknya akan menjadi corong informasi terpercaya tentang apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri sendiri. (dar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sempat Dirawat di Ruang Isolasi RSD Mangusada WN Jepang Dirujuk ke RSUP Sanglah

Rab Mar 4 , 2020
MANGUPURA – fajarbali.com | Warga Negara (WN) Jepang yang diduga mengalami gelaja Coronavirus akhirnya dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar, Selasa (3/3/2020) siang . Pasien dikirim menggunakan ambulance PSC 119 Meru Kabupaten Badung sekitar pukul 11.20 Wita. Setelah dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada sejak, Senin (2/ […]