Bupati Karangasem Teken BAST hibah Bersama Ditjen EBTKE

AMLAPURA-fajarbali.com | Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) hibah Barang Milik Negara (BMN)  dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Rida Mulyana di lingkungan Ditjen EBTKE Makasar, Kamis (8/2/2018).




Selain Kabupaten Karangasem,  dalam acara ini 9 Pimpinan Kabupaten/Kota se- Indonesia juga diundang. Diantaranya,  Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Kutai Timur,  Kabupaten Kudus,  Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Majene serta Kabupaten Berau.

Rida Mulyana menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memaksimumkan pelayanan dalam bentuk listrik di daerah yang terisolir dalam rangka meningkatkan kesejahtraan masyarakat menuju energi yang berkeadilan sesuai program Nawa Cita Presiden RI.

Energi yang berkeadilan merupakan tag line Kementerian ESDM. Tujuan kegiatan ini adalah pengelolaan aset negara yang efektif dan efesien dan implementasi akuntabikitas kementerian yang pemanfaatannya diserahkan kepada daerah. 

Sementara itu, Irjen Kementerian ESDM Mukhtar Hussein, menyebutkan bahwa program ini adalah untuk menyesuaikan listrik di daerah yg belum tersentuh listrik. 

Sedangkan Bupati IGA Mas Sumatri usai acara mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karangasem sendiri menerima hibah PLTS yang sebelumnya telah dibangun di Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kab. Karangasem, senilai Rp 24 Miliar 478 Juta 879 Ribu 174 PLTS induk yang sudah diserahkan pada Bulan Desember tahun 2017 lalu sempat mengalami kerusakan, selanjutnya diperbaiki oleh Kementerian ESDM.



Kamis (8/2/2018) diserahterimakan hasil revitalisasi dimaksud dengan daya energinya sebanyak 1 MWatt. Setelah penandatanganan berita acara serah terima ini,  maka selanjutnya PLTS dikelola oleh Pemerintah Daerah melalui perusahaan Daerah. Rencananya PLTS akan dikelola oleh PT Karangasem Sejahtera.

PLTS ini sudah dikerjakan dari tahun 2012 oleh Kementerian ESDM. Sebelumnya pada tahun 2015, Pemkab Karangasem juga telah menerima hibah yang sama sebanyak tiga unit PLTS. Masing-masing PLTS dibangun  di Dusun Taman Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, kemudian di Banjar Dinas Cegi Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan di Dusun Bukit Lambuh, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu. Kondisinya kini dalam keadaan bagus, dan sudah bisa dipergunakan atau dimanfaatkan oleh warga di Desa Kubu. 



IGA Mas Sumatri juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat atas hibah PLTS tersebut.  Ia berharap dengan adanya PLTS ini,  nantinya akan lebih memudahkan aktifitas masyarakat sehingga berdampak kepada kesejahteraan. Diakhir acara, Bupati Mas Sumatri menyerahkan kenang-kenangan kepada Irjen Kementerian ESDM Mukhtar Hussein yang beberapa hari lagi akan memasuki masa pensiunnya. 

Hadir mendampingi Bupati Karangasem, Sekda Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, Kepala Bapelitbangda, Kepala Bag Ekonomi dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karangasem. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

EDISI JUMAT, 8 FEBRUARI 2018

Sab Feb 10 , 2018