Hadiri Puluhan Undangan Ngaben Massal, Bupati Gede Dana Serahkan Punia

Bupati I Gede Dana Bersama wakil bupati I Wayan Artha Dipa silih berganti menghadiri undangan untuk upasaksi upacara Pitra Yadnya massal (ngaben/ngeroras) di seluruh Karangasem.

I Gede Dana menyerahkan bantuan kepada kelompok ngaben Massal
I Gede Dana menyerahkan bantuan kepada kelompok ngaben Massal

AMLAPURA-Fajar Bali

Bupati I Gede Dana Bersama wakil bupati I Wayan Artha Dipa silih berganti menghadiri undangan untuk upasaksi upacara Pitra Yadnya massal (ngaben/ngeroras) di seluruh Karangasem. Tercatat bulan Juli, ratusan undangan yang masuk ke bupati dan wakil bupati. Dari jumlah itu, bupati Gede Dana telah menghadiri 77 undangan sekaligus menyerahkan punia berkisar Rp 10-35 juta untuk meringangankan biaya dadia atau kelompok yang menggelar ngaben/Ngeroras massal.

Bupati I Gede Dana, Kamis (28/7) kemarin mengakui, bulan  Juli dan Agustus memang merupakan hari baik untuk melaksanakan upacara Pitra Yadnya baik Ngaben maupun ngeroras. Gede Dana juga sangat mengapresiasi dadia maupun kelompok untuk menggelar upacara secara massal yang tentunya bisa menghemat biaya. “Ngaben atau ngeroras massal secara tidak langsung bisa membantu warga lainya karena dilakukan secara gotong royong,” ujar bupati.

Bupati mengatakan, sebagai bentuk apresiasi dilaksanakanya ngaben atau ngeroras massal, dari pemerintah kabupaten Karangasem pun menggelontorkan bantuan/punia sebagai tambahan biaya. Kisaran punia/bantuan yang diberikan cukup beragam dan tergantung jumlah sawa yang di upacarai. Semakin banyak sawa, katanya lagi, semakin besar punia atau bantuan yang diberikan. “Kisaranya dari Rp 10 juta sampai Rp 35 juta, tergantung jumlah sawa, tetapi ada juga yang dibawah Rp 10 juta,” ujarnya.

riri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pertama di Bali, Level 21 Mall Bali Gelar Indoor Run

Sab Jul 30 , 2022
Dalam rangka menggeliatkan kembali sektor pariwisata Bali yang kini sudah semakin pulih pasca pandemi sekaligus membangkitkan aktivitas masyarakat dan menggairahkan event berskala nasional maupun international di Pulau Dewata, Level 21 Mall Bali kembali menggelar berbagai event-event menarik yang akan memanjakan para levellers.
BPD BALI