Babak Kedua Tirka Widanti

DENPASAR – fajarbali.com | Ketua Yayasan Jagaditha Denpasar melantik Dr. Ni Putu Tirka Widanti SS., MBA., MM., M.Hum, sebagai Rektor dan sejumlah pejabat struktural Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar Periode 2022-2026, Selasa (15/2). Terlebih dulu dilakukan prosesi majaya-jaya.

Sebelumnya sejak tahun 2020 hingga 2022, Tirka telah meneruskan jabatan rektor almarhum Nyoman Sura Adi Tenaya yang meninggal dunia karena sakit.

Seusai dilantik, Tirka mengatakan dari awal dunia akademis, kampus sebagai tempat mahasiswa belajar sudah harus jelas perencanaannya, program yang sudah terukur, dan jelas parameternya.

“Kita menghadapi kampus merdeka, dan merdeka belajar. Di masa pandemi tentu ada challenge. Saya tidak sendiri, dibantu pejabat struktural yang baru dilantik, kami akan melanjutkan program-program yang sudah dikatakan sukses, kita akan teruskan. PR-PR yang belum kita akan selesaikan dimasa yang akan datang,” Tirka menjelaskan.

Menurutnya, dunia akademis harus dijalankan terukur. Maka dari itu UNR sebagai perguruan tinggi swasta dimana bernaung di bawah Kemendikbud Ristekdikti dan Yayasan Jagatdita. Ia berharap para dosen lebih berkualitas lagi, dunia global ini tidak ada sekat. Apapun sudah ada di internet.

Dr. Ni Putu Tirka Widanti SS., MBA., MM., M.Hum saat memberikan keterangan kepada awak media.
Dr. Ni Putu Tirka Widanti SS., MBA., MM., M.Hum saat memberikan keterangan kepada awak media.

 

Sementara itu, Ketua yayasan Jagadhita Denpasar, Dr. Drs. Anak Agung Gede Raka, M.Si menekankan pada rektor yang baru dilantik beserta jajarannya. Ketiga hal tersebut, antara lain, pertama bagaimana meningkatkan kerjasama.

Kedua, Kemudian bagaimana bekerjasama dengan team work. Ketiga, menciptakan pola komunikasi yang terstruktur. “Dengan ketiga hal itu, di zaman globalisasi dan digitalisasi ini kita bisa mengikuti progress yang sedang berjalan selama ini,” ujarnya

Di era gloalisasi, menurut Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar ini, kolaborasi memang sangat penting. Bagaimana bekerjasama dan berkolaborasi sesuai dengan apa yang menjadi fokus, dengan stake holder atau instansi lain yang ada hubungannya dengan kegiatan-kegiatan di universitas, utamanya dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Sesuai statuta, AA Gde Raka, Rektor dan dekan ditetapkan lewat pemilihan. Tetapi statuta juga mengatur yayasan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi atau penanggungjawab boleh membuat kebijakan sendiri.

Maka dari itu dibuatlah breakdown dari statuta itu bahwa diminta dalam kepanitiaan 3 besar, selanjutnya yayasan yang menetapkan siapa yang akan menjadi rektor. “Progres selanjutnya kita akan evaluasi, kita berikan motivasi sehingga UNR bisa lebih maju,” katanya.

Mengenai rencana kedepan, Gung Raka mengungkapkan setelah pembenahan pada infrastruktur, sekarang universitas akan focks pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), bagaimana dosen bisa melanjutkan pendidikan S3, dan setelah Lektor kepala bisa menjadi guru besar. “Itu kita danai, (Dosen) yang mau melanjutkan S3 saya kasi Rp 50 juta,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, plt Kepala LLDikti wilayah delapan prof, Dr. I Nengah Dasi Astawa berpesan agar para pejabat di Universitas Ngurah Rai memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mengelola sumber daya yang ada, dan tidak menyalahkan orang lain.

Maju atau mundurnya sebuah organisasi sangat tergantung dari karakter pemimpinnya. Sebab, pemimpin mempunyai dua fungsi sekaligus yakni eksekutor sekaligus akselerator.

Dalam empat tahun ke depan, Tirka Widanti akan dibantu oleh Dr. Ade Maharini, S.Sos., MM., RFP., di posisi Wakil Rektor I, Wakil Rektor II Dr. Drs. I Made Sumada, MM. M.Si., serta Wakil Rektor III Dr. Gede Wirata, S.Sos., SH., MAP.

Jabatan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dipercayakan pada Dr. Putu Gede Denny Herlambang, ST., MM., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ir. Putu Dody Heka Ardana, ST., MT., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) Drs. I Wayan Astawa, SH., MAP. Sedangkan Dekan Fakultas Hukum masiih dijabat oleh Dr. IWP Sucaya Aryana, SE., SH., MH dan Direktur Program Pascasarjana Dr. Nyoman Diah Utari Dewi, A.Par., MAP.

Kepala LPPM Yudistira Adnyana, SE., M.Si., Kepala BKAK I Gede Mahatmayogiswara W, SH., MH., Kepala BAMTI Dr. Ir. I Made Kariyana, ST., MT., Kabiro Humas Made Mulya Handayani, S.Pd. H., MM., M.Pd.H., Kepala BMP Dr. Putu Eka Trisna Dewi., SH., MH., Ketua UPT Ir. Gusti Made Sudika, MT.,

Acara pelantikan Rektor dan pejabat struktural di lingkungan UNR juga dihadiri oleh Plt. Kepala LLDikti Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si, Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bali se-Bali Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU , Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) Wilayah VIII A-Bali Dr. I Made Sukamerta, M.Pd dan undangan lainnya. (Gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Terjerat Kasus Narkoba, Pecatan Jaksa Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Sel Feb 15 , 2022
DENPASAR-Fajarbali.com |