AstraPay Sanur Village Festival 2022 Resmi Dibuka, Dorong Kebangkitan Industri Parekraf Pulau Dewata

Pembukaan AstraPay Sanur Village Festival 2022, Kamis (18/8) malam

DENPASAR-fajarbali.com | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi event AstraPay Sanur Village Festival 2022, Kamis (18/8) malam. Sanur Village Festival atau lebih akrab disebut Sanfest digelar pada 17-21 Agustus 2022 di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, dengan tajuk “AstraPay Surya Sewana”. Pada tahun 2022 ini Sanfest hadir dalam format kekinian sebagai respons terhadap bangkitnya kembali aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat jeda dua tahun lebih akibat pandemi Covid-19.

Ketua Umum Sanfest, Ida Bagus Gede Sidharta Putra (Gusde) dalam sambutannya mengatakan, event Sanfest sebagai salah satu lokomotif promosi pariwisata Sanur khususnya dan Bali pada umumnya. Sanfest berkembang bersinergi dengan kehidupan tradisi budaya dan mewadahi ragam kreativitas warga Sanur. “Kami menyadari potensi sektor pariwisata berbasis masyarakat adalah dinamika yang harus terus diberikan ruang. Kreativitas masyarakat memerlukan kalangan dan khalayak pariwisata secara luas, baik lokal maupun internasional. Sanur Village Festival selanjutnya menjadi magnet kuat sebagai suguhan baru sekaligus identitas destinasi pariwisata Sanur,” ungkapnya.

Gusde menyebutkan pelaksanaan festival kali ini mengedepankan kenyamanan dalam suatu area festival dengan penyegaran suasana sesuai tema Surya Sewana. Tema ini mengandung filosofi, yakni doa dan puja mantra menyongsong matahari pagi, yang juga merupakan bentuk rasa syukur atas bangkitnya kembali denyut nadi kehidupan pariwisata di Bali. Spirit Surya Sewana diharapkan memberikan gairah dan energi berkelanjutan untuk kerja kreatif di berbagai bidang, terutama mendorong kuantitas dan kualitas kepariwisataan sebagai tulang punggung perekonomian Bali.

“Sanfest masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2022 di Indonesia yang ditetapkan Kemenparekraf RI. Jadi tidak hanya pemerintah daerah saja yang mendukung festival ini, tapi juga Kementerian Pariwisata. Kami targetkan 10 ribu hingga 15 ribu pengunjung per hari. Selain itu, dalam event ini kami ada 150 tenant dan melibatkan 60 lebih UMKM. Kalau sebelumnya covid, perputaran transaksi bisa mencapai 40 miliar, namun karena saat ini masih dalam kondisi pandemi maka target omset sekitar 50-60 persen,” ucapnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan ucapan selamat atas dibukanya event AstraPay Sanur Village Festival 2022 setelah vakum selama dua tahun akibat dampak pandemi Covid-19. “Semoga event ini dapat mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Begitu juga mendorong terciptanya lapangan kerja dan pertumbuhan UMKM,” ucapnya dihadapan awak media.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga menyampaikan jika event Sanfest sudah seperti festival kelas dunia dengan menampilkan berbagai macam kegiatan seni budaya, sport, aksi lingkungan, hingga ekonomi kreatif. “Di sini lapangan kerja yang tercipta luar biasa, begitu juga dengan UMKM, seni, dan hiburan musiknya tersedia sangat beragam. Kita harapkan menjadi bagian dari kebangkitan Bali Kembali. Event ini juga dampaknya begitu besar dan akan terus kita kembangkan,” terangnya.

Sandiaga Uno menyebutkan jika event Sanfest diprediksi akan menambah paling tidak 0,5-1 persen pertumbuhan ekonomi Bali. Sehingga target pertumbuhan ekonomi Bali dikuartal III tahun 2022 bisa mencapai 4-5 persen begitu juga dengan target dikuartal IV tahun 2022 mencapai 4-5 persen seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Dalam pembukaan AstraPay Sanur Village Festival 2022 turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, CEO AstraPay Ricky Gunawan, dan Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho. M-001

Next Post

Donor Darah Rangkaian Dies Natalis UPMI, Implementasi Kecerdasan Moral

Jum Agu 19 , 2022
REKTOR UPMI Dr. Drs. I Made Suarta, SH., M.Hum., meninjau donor darah serangkaian Dies Natalis ke-39 UPMI, Jumat (19/8/2022).   DENPASAR – fajarbali.com | Menyambut Dies Natalis ke-39 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia atau UMPI (sebelumnya-IKIP PGRI Bali-red) yang jatuh pada 24 Agustus 2022 mendatang, civitas akademikanya menggelar Donor Darah bertema […]
SUARTA-f7347188