Astra Motor Bali Bagikan Informasi Cara Membawa Barang di Motor Yang Wajib Dipahami

(Last Updated On: )
Membawa barang dengan motor secara berlebihan tidak disarankan. (Foto: ist)

 

 

DENPASAR-fajarbali.com | Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat praktis, efesien, dan mudah untuk digunakan dimana dan kapan saja. Selain untuk melancarkan aktivitas dan mobilitas sehari-hari, sepeda motor juga digunakan untuk membawa barang bawaan. Namun, hal yang sering terjadi saat ini adalah masyarakat masih saja membawa barang dengan kapasitas yang berlebihan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun bagi pengendara lainnya saat di jalan raya.

Untuk itu perlu diperhatikan langkah-langkah penting agar barang yang dibawa dengan menggunakan sepeda motor tidak menimbulkan bahaya. Lalu bagaimana cara membawa barang dengan motor yang tepat?

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius dalam kesempatan ini akan memaparkan beberapa tips atau aturan untuk para pengendara motor yang ingin membawa barang bawaan, sebagai berikut:

  • Gunakan Pengikat yang Aman 

Saat barang bawaan diletakkan didepan ataupun di belakang pengendara pastikan dalam kondisi stabil dengan cara barang terikat secara aman, gunakan tali yang khusus (bisa dengan tali karet atau potongan ban) untuk memastikan barang terikat dengan baik.

  • Perhatikan Ketinggian Barang

Untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan pengendara, pastikan tinggi barang yang dibawa maksimal 90 cm atau tidak lebih tinggi dari tinggi pengendara agar tetap nyaman apalagi saat terkena angin.

  • Upayakan Barang Tidak Lebih dari Lebar Setang Motor

Harus diingat bahwa ada peraturan yang melarang pengangkutan barang yang melebihi setang motor. Untuk itu perlu diperhatikan bahwa lebar barang yang dibawa maksimal selebar stang sepeda motor agar mudah mengendalikan sepeda motor saat kondisi di jalan sempit.

  • Batas Maksimum Berat Barang

Kenyamanan saat berkendara wajib diperhatikan apalagi kita sadari akan membawa barang bawaan yang cukup banyak, untuk itu pastikan berat barang tidak lebih dari 50 kg agar motor kuat melaju.

  • Prediksi Bahaya

Waspada dan melatih Analisa bahaya adalah hal yang penting saat berada dijalan raya apapun kondisinya. Lakukan prediksi bahaya saat berkendara maupun saat berada dijalan raya dengan memperhatikan kondisi jalan raya, kendaraan didepan maupun dibelakang, kondisi motor yang dipakai dan pandangan pengendara sehingga sampai tujuan dengan selamat.

“Dengan kepraktisan dan efisiensi menggunakan sepeda motor untuk membawa barang bawaan menjadi pilihan populer bagi masyarakat. Namun, patut untuk diperhatikan, jangan sampai lalai dan bijaklah saat memutuskan untuk menggunakan sepeda motor dalam perjalanan, karena kenyamanan dan #Cari_Aman merupakan kunci utama dalam berkendara di jalan raya,” tutup Yosepth Klaudius. (M-001)

Next Post

Dua Pengusaha Pariwisata Kawinkan Visi Pengembangan Pariwisata Nasional

Ming Mei 5 , 2024
Pengembangan pariwisata berkelanjutan yang mengangkat nilai-nilai lokal Indonesia menjadi perhatian besar Krisnawati dan Arie Triyono. Kedua pengusaha yang bergerak di bidang Pariwisata ini sepakat berkolaborasi untuk menggemakan visi tersebut dalam pengembangan pariwisata nasional.
Untitled-9

Berita Lainnya