Astra Motor Bali Ajak Siswa SMK Negeri 3 Singaraja Atasi Blind Spot dan #Cari_Aman di Jalan Raya

(Last Updated On: 31/03/2024)
Astra Motor Bali ajak siswa SMK Negeri 3 Singaraja atasi blind spot dan #Cari_Aman di jalan raya. (Foto: ist)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Istilah Blind spot adalah titik yang tidak terjangkau dari penglihatan para pengendara. Memahami cara mengatasi blind spot adalah wajib menjadi perhatian pengendara, karena hal ini cukup berbahaya dan tidak jarang menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Setiap kendaraan pasti memiliki area blind spot begitu juga sepeda motor. Materi ini menjadi bahan pembelajaran yang dilakukan oleh team safety riding Astra Motor Bali di SMKN 3 Singaraja pada Rabu (27/03/2024).

Dengan diikuti 75 siswa, penyampaian materi yang di kemas dengan seminar edukasi safety riding mendapat perhatian dari seluruh peserta. Banyak pertanyaan yang diutarakan yang menunjukkan antusias siswa terharap edukasi yang diberikan.

Dalam materi yang di sampaikan Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius, kepada peserta diingatkan ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta (Blind spot) adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda, misal saja truk di depan pengendara lantaran berdimensi besar, kendaraan jenis ini memiliki area blind sport yang besar. Untuk itu setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

“Blind spot antara kendaraan satu dengan lainnya berbeda-beda banyak faktor penyebabnya. Saat berkendara dengan sepeda motor, penggunaan spion adalah hal yang sangat penting dalam safety riding, sebab dengan spion blind spot bisa dikurangi. Sering kali pengendara kurang berhati-hati ketika berada disamping atau belakang kendaraan yang berukuran besar.Untuk itu selalu #Cari_Aman di mana pun berada khususnya untuk siswa -siswa di SMKN 3 Singaraja yang masih memiliki gejolak anak muda yang harus lebih bersabar saat berkendara di jalan raya,” ungkap Yosepth.

Pelaksanaan edukasi safety riding dilakukan dengan teori dan contoh melalui video movie tentang keselamatan berkendara. Selain memahami posisi Blind spot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan # Cari_Aman untuk meminimalisir resiko kecelakaan. (M-001/rl)

 Save as PDF

Next Post

Dorong Pelestarian Seni Budaya Bali, GWK Hadirkan Edukasi Budaya Literasi

Ming Mar 31 , 2024
Dibaca: 567 (Last Updated On: 31/03/2024) Sebanyak 500 siswa/i Sekolah Dasar diberikan edukasi budaya literasi di GWK.   MANGUPURA-fajarbali.com | PT Alam Sutera Realty Tbk bersama dengan anak perusahaan PT Garuda Adhimatra Indonesia (GWK Cultural Park) kembali mengadakan program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan memberikan edukasi Budaya Literasi kepada total […]
1711884540374_copy_540x360

Berita Lainnya