Astra Dukung Gelaran  World Water Forum Ke-10 di Bali

(Last Updated On: )
Toyota bZ4X yang difasilitasi PT Toyota Astra Motor (TAM) hadir dalam gelaran World Water Forum ke-10 di Bali. (Foto: ist)

 

JAKARTA-fajarbali.com |  Dalam kehidupan manusia, air merupakan sumber daya alam yang sangat bernilai karena manfaatnya yang esensial untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Pentingnya air secara lebih spesifik disebutkan dalam Sustainable Development Goals atau SDGs nomor 6 yaitu Air Bersih dan Sanitasi untuk semua, dengan target-target terkait yang lebih rinci yang membutuhkan kerja sama dari setiap para pemangku kepentingan dalam mencapainya.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 yang diselenggarakan World Water Council. Pelaksanaan World Water Forum tahun ini berlangsung di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024.

Astra memberikan dukungan untuk forum terbesar di sektor air ini yang diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia bersama negara lainnya untuk mencari solusi serta dapat membuka peluang kerja sama bagi pengelolaan sumber daya air dengan negara-negara maju. Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk 255 unit mobil yang digunakan sebagai sarana transportasi para menteri dan delegasi negara peserta World Water Forum 2024.

Dari 255 unit tersebut, 130 unit di antaranya merupakan kendaraan elektrifikasi (xEV) jenis Battery Electric Vehicle (BEV), Toyota bZ4X yang difasilitasi melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) serta didukung oleh jaringan bengkel resmi Toyota dalam menjaga kondisi kendaraan selama forum dilaksanakan.

“Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 menunjukkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Astra berharap dukungan ini dapat membantu melancarkan perhelatan forum internasional ini sehingga tujuan yang diinginkan sesuai tema World Water Forum tahun ini yaitu Water for Shared Properity atau Air untuk Kemakmuran Bersama dapat tercapai,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Astra 2030 Sustainability Aspirations

Pada tahun 2022, Astra meluncurkan Astra 2030 Sustainability Aspirations yang memuat komitmen, Flagship Initiatives, dan target terukur yang ingin dicapai Grup Astra pada tahun 2030.

Pengelolaan air dan limbah cair menjadi salah satu aspirasi yang terdapat dalam Astra 2030 Sustainability Aspirations dengan komitmen mengurangi intensitas pengambilan air 15% pada 2030 dari baseline tahun 2019. Pada tahun 2023, Grup Astra berhasil mencapai 23,66% pengurangan intensitas air dari baseline tahun 2019 yang telah melampaui target.

Grup Astra memanfaatkan air dari empat sumber yakni air tanah, air permukaan, air laut, dan air yang dibeli dari pihak ketiga. Dari keempat sumber air tersebut, Grup Astra telah mengidentifikasi dan melakukan penilaian dampak pengambilan dan pembuangan air. Seluruh proses pengambilan air sudah memenuhi standar dan baku mutu yang berlaku.

Semangat Astra dalam menyukseskan perhelatan World Water Forum ke-10 yang mana Indonesia untuk pertama kalinya menjadi negara pertama sebagai tuan rumah di Asia Tenggara sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia. (rl)

Next Post

Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023, PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

Sel Mei 21 , 2024
(Last Updated On: ) PT Indosat Tbk siap perkuat transformasi menuju AI Native TechCo. (Foto: ist)   JAKARTA-fajarbali.com | PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) telah mencatatkan pencapaian keuangannya secara signifikan sepanjang tahun 2023. Hari ini, Perseroan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST” […]
1716293762032_copy_800x450

Berita Lainnya