Apresiasi Kinerja Nakes Hadapi Pandemi Covid-19

(Last Updated On: )

MANGUPURA-fajarbali.com l Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan (nakes), yang berada di garda depan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Giri Prasta juga menyebut dari 1.500 lebih nakes yang bertugas di RSD Mangusada sebanyak 260 terpapar Covid-19.


“Tenaga kesehatan adalah garda terdepan kami dalam melaksanakan tugas ini ( Pandemi Covid-19). Jujur ya dari 1.500 nakes, 260 terpapar Covid-19. Pertanyaannya sederhana, pahlawan tidak mereka, jawabnya pahlawan dong,” kata Giri Prasta disela-sela pemantauan pencairan BLT APBD di Seminyak, Senin (2/8/2021).

Terkait rencana vaksinasi ketiga untuk nakes yang telah dimulai, Bupati asal Pelaga ini menyatakan sangat mendukung. Terlebih kegiatan tersebut diperuntukan untuk meningkatkan imun para nakes, yang kesehariannya berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

Disinggung mengenai pembayaran insentif nakes, Giri Prasta memberikan jaminan telah diberikan sesuai dengan hak-hak yang harus diterima oleh para nakes.

Sebelumnya, tenaga kesehatan (nakes) akan diberikan vaksinasi dosis ketiga. Vaksinasi secara serentak akan dilaksanakan, Selasa (3/8). Sama seperti sebelum, sebelum divaksinasi nakes akan di screening terlebih dahulu. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

BACA JUGA :
Badung Bakal Rekrut Tenaga Tracer
Diduga Dampak Semburan Belerang, Pedagang Jair Pasar Kidul Keluhkan Dagangan Tak Laku

Kepala Dinas Kesehatan Badung dr. Nyoman Gunarta mengatakan vaksinasi dosis ketiga ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih pada nakes dalam bekerja. Gunarta juga mengatakan, vaksin yang digunakan menggunakan vaksin pemberian Amerika Serikat hanya ditujukan kepada nakes. “Untuk Nakes yang sedang hamil juknisnya sudah terbit jadi dapat diberikan, kemudian untuk yang memiliki penyakit komorbid pun bisa, tentunya setelah melalui screening,” pungkasnya, Senin (2/8).

Gunarta mengungkapkan, vaksinasi ini akan dilaksanakan langsung di tempat para nakes bertugas. Untuk itu pihaknya pun sudah mendapatkan 480 vial vaksin 
“Untuk seluruh nakes yang bertugas di 13 Puskesmas dan 8 Rumah Sakit yang ada di Badung mulai besok (Hari Ini, Red) sudah bisa dijalankan. Sementara itu untuk di RSD Mangusada dilaksanakan hari ini (Kemarin, Red) karena kebetulan siap jadi kita mulai saja langsung,” ujar dr. Gunarta.

Menurutnya, dalam 1 vial vaksin moderna sedikit berbeda dengan dosis vaksin sinovac, karena dapat digunakan untuk 14 orang sedangkan untuk vaksin jenis sinovac hanya dapat digunakan untuk 10 orang.  Vaksinasi ini akan dilaksanakan kepada 6.832 nakes dengan beberapa persyaratan khusus.

“Mereka yang akan divaksin harus sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan kedua dari vaksin sinovac, dengan minimal 3 bulan jarak dari vaksinasi sebelumnya. Kemudian nakes yang akan menerima vaksin tidak terkena Covid-19 selama rentang waktu tiga bulan tersebut, kalau misalkan terkena Covid-19 dalam sebulan atau seminggu yang lalu harus menunggu sampai tiga bulan kedepan untuk vaksin moderna,” jelas dokter asal Sibang Gede ini.

Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Badung. Pemerintah setempat akan menambah tempat isolasi terpusat (Isoter). Hal ini dilakukan karena isoter dianggap lebih unggul dalam penanganan Covid-19 dibandingkan isolasi mandiri. (put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Badung akan Tambah Tempat Isoter

Rab Agu 11 , 2021
(Last Updated On: )MANGUPURA-fajarbali.com l Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan, Pemkab Badung saat ini sudah memiliki lima tempat Isoter. Namun dari jumlah 635 tempat tidur yang dimiliki belum mencukupi untuk menampung seluruh pasien positif Covid-19. Ia pun merinci 5 tempat isoter yang dimiliki saat ini, yakni Bakung Beach, Wisma Bima […]

Berita Lainnya