https://www.traditionrolex.com/27 Awal September, Karangasem Akan Gelar Pasar Gotong Royong Krama Bali - FAJAR BALI
 

Awal September, Karangasem Akan Gelar Pasar Gotong Royong Krama Bali

(Last Updated On: 26/08/2020)

AMLAPURA – fajarbali.com | Pemerintah Kabupaten Karangasem akan menggelar Pasar Gotong Royong Krama Bali (PGRKB) pada awal Bulan September,yakni pada Jumat 4 September 2020 mendatang. PGRKB digelar menindaklanjuti dari Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15036 Tahun 2020 tentang Program Gotong Royong Krama Bali. Rencananya, Pasar gotong royong krama Bali ini  akan digelar di Lapangan Tanah Aron Amlapura. 


 

Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan, I Made Suama, Rabu (26/8/2002) mengatakan,rencana menggelar PGRKB ini setelah melakukan rapat dengan beberapa Kepala OPD terkait membahas pelaksanaan PGRKB di Kabupaten Karangasem. “Bagaimana teknis dan persiapan menggelar Pasar Gotong Royong ini agar tetap memenuhi standar protokol kesehatan Covid 19 telah kita rapatkan sejak awal Agustus lalu,” ujar Suama.

 

Suama mengatakan, PGRBK diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pegawai dan karyawan serta kesadaran masyarakat secara bergotong royong membantu petani, nelayan, pengrajin, dan pelaku UMKM.  Dikatakanya lagi, pasar gotong royong ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya kerumunan berbelanja di pasar rakyat/toko swalayan yang menyebabkan resiko terjadinya penularan Covid-19, serta penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan harga yang wajar. “Program ini mewajibkan pegawai Pemkab berbelanja nantinya di Pasar Gotong Royong Krama Bali Pemkab Karangasem ini. Produk-produk yang dijual saat ini termasuk kebutuhan pokok, yakni produk pangan. Ke depannya akan ditambah dengan produk lainnya, misalnya sandang,” ujarnya.

Suama juga mengatakan, untuk pembagian tugas mempersiapakan PGRKB diantaranya untuk sarana Protokol Kesehatan Pasar Gotong royong  di fasilitasi Dinas Disperindag. Sarana meja, tenda, kursi dan sound system bagian perlengkapan. Pembuatan spanduk dan peliputan dari bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karangasem. Pembuatan voucher untuk transaksi bagian Ekonomi bekerja sama dengan Koperasi Werdiguna. Sedangkan untuk penyampaian informasi kegiatan Pasar Gotong Royong Krama Bali dilaksanakan Diskominfo Kabupaten Karangasem. “Penjual atau pedagang pada Pasar Gotong Royong Krama bali difasilitasi, Dinas Pertanian dari unsur KTNA, Dinas Ketahanan Pangan dari unsur KWT, Dinas Koperasi untuk sektor UKMK, Dinas Perindag untuk sektor IKM serta dari Dinas Perikanan dan Kelautan,” ujarnya.

 

Pembeli Pasar Gotong Royong Krama Bali, kata Suama, merupakan  pegawai Pemda, BUMN/BUMD  wajib berbelanja dengan membawa tas belanja masing-masing. Sedangkan pegawai Pemda berstatus non ASN bisa berbelanja secara sukarela. “Terkait teknis lainnya, akan disampaikan melalui surat lebih lanjut kepada OPD,” ucapnya. (bud). 

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siap Hadapi Pilkada, PDI Perjuangan Karangasem Regenerasi Kepengurusan Sayap dan Badan Partai

Rab Agu 26 , 2020
Dibaca: 10 (Last Updated On: 26/08/2020)AMLAPURA – fajarbali.com | DPC PDI Perjuangan Karangasem tampaknya tidak ingin mengulang kegagalan pada Pilkada 15 tahun terakhir yang tidak mampu mengantarkan calon-calonya memenangkan perhelatan lima tahunan ini. Untuk Pilkada 2020 nanti, DPC PDI P yang akan mengusung Ketua DPC PDI P I Gede Dana […]

Berita Lainnya