https://www.traditionrolex.com/27 Buleleng Terdampak Virus Corona - FAJAR BALI
 

Buleleng Terdampak Virus Corona

(Last Updated On: 24/02/2020)

SINGARAJA – fajarbali.com | Virus Korona yang begitu sangat sander hal itu bukan membawa dampak kesehatan buat semua lapisan pulau di dunia ini namun virus yang mematikan itu juga membawa dampak yang sangat besar buat Bali dan Buleleng pada umumnya.

 

Akibat virus Corona tersebut dampak untuk Kabupaten Buleleng yakni tingkat kunjungan wisatawan mancanegara yang terakhir ini sangat menurun drastis. Hal itu dilihat dari tingkat hunian dan kunjungan di setiap objek wisata yang ada di Kabupaten Buleleng sangat menurun bila dibandingkan ditahun 2019 silam. Bahkan di beberapa hotel yang sudah kamarnya dipesan oleh beberapa wisatawan mancanegara malah dibatalkan dengan adalasan virus mematikan tersebut.

Ketua PHRI Buleleng, Dewa Ketut Suardipa saat ditemui di Taman Kota Singaraja, Minggu (23/2/2020) mengatakan, jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Buleleng setiap tahunnya sekitar 20 persen. Sementara sisanya paling banyak adalah Eropa dan Australia. Sehingga dengan mewabahnya virus corona ini, pembatalan pesanan kamar hotel kebanyakan dilakukan oleh wisatawan Eropa.  Hal ini sebut Suardipa terjadi karena wisatawan Eropa juga ikut merasa takut dengan adanya wabah virus ini.”Mudah-mudahan Mei ini high season.

Buleleng memang tidak majority (mayoritas) pasar Cina. Namun dampaknya juga cukup dirasakan. Karena wisatawan dari negara lain juga merasa khawatir, takut untuk bepergian,”katanya. Selain hotel, dampak virus corona juga turut dirasakan oleh para nelayan yang biasa mengantarkan wisatawan untuk melihat atraksi lumba-lumba di  perairan Lovina. Sebab selama ini sebut Suardipa, wisatawan Tiongkok lah yang paling banyak menikmati atraksi lumba-lumba di Buleleng.

”Wisatawan Cina yang datang dan menginap di Buleleng itu maksimal hanya dua hari. Mereka hanya mencari atraksi dan destinasi. Ini perlu adanya tambahan atraksi di Buleleng, sehingga waktu mereka untuk menginap di Buleleng bisa lebih lama,”terangnya. Untuk mengatasi terjadinya penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini, PHRI kata Suardipa kini tengah berupaya untuk menarik minat wisatawan nusantara, dengan menyuguhkan diskon besar-besaran untuk paket wisata sebesar 30 hingga 50 persen, dan promo tiket pesawat untuk penerbangan  domestik.

”PHRI pusat sedang berkoordinasi dengan Presiden melalui Menteri Pariwisata agar kita saling mengunjugi. Memanfaatkan wisatawan domestik. Jadi setiap daerah harus mengemas wisatanya masing-masing. Kami juga berharap di Bali ada program yang bisa dibantu oleh pusat. Seperti meeting-meeting besar, agar dilaksanakan di Bali,”tutupnya. Dilain sisi menurut objek wisatawan yang ada di Kabupaten Buleleng seperti Objek Wisata Air Panas Banjar hingga berita ini ditulis tingkan kunjungan wisatawan eropa sangat minim. Hanya ada eberapa wisatawan mancanegara yang datang dan menikmati hangatnya objek Air Panas Banjar selebihnya objek wisatwa peninggalan Penjajah Jepang itu hanya di penuhi wisatawan local. Menurut Dirut Yayasan Komala Tirta yang selama ini mengelola Objek Air Panas Ida Made Tamu mengaku selama ini tingkat kunjungan eisatawan Eropa sangat kecil semenjak merabahnya virus Corona.

”Memang selama merabahnya virus itu tingkat kunjungan wisatawan Eropa ke Air Panas Banjar sangat kecil bahkan selama satu minggu bahkan satu bulan terakhir ini nyaris tidak ada bahkan hanya dipadati wisatawan domistik,”tuturnya. (ags).

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringati Hut Ke-115 Rotary Internasional, Rotary Club Of Bali Taman Ajak Rotarian Berbagi Kasih

Sen Feb 24 , 2020
Dibaca: 18 (Last Updated On: 24/02/2020)DENPASAR – fajarbali.com | Dalam rangka pemperingati hut Rotary Internasional yang ke-115, Rotary Club of Bali Taman menggelar acara betajuk “Colorful Love” Minggu (23/2/2020) bertempat di Krisna Gallery & Resto, Denpasar. Acara ini sekaligus mengingatkan para rotarian dalam pengabdiannya untuk upaya memberikan bantuan kepada sesama.  […]

Berita Lainnya