Universitas Warmadewa Jalin Kerjasama dengan Chung Yuan Christian University

 

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik, Universitas Warmadewa (Unwar) terus berinovasi merealisasikan rencana strategis lembaga dari segala sisi. Salah satunya meningkatkan kerjasama internasional antaruniversitas di berbagai belahan dunia.

DENPASAR-fajarbali.com | Pada 21 Desember lalu, tim Unwar yang dipimpin Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, Msi., (mewakili rektor), Ketua Program Studi Magister Manajemen, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E.,M.Si.,International Office, dr. I Wayan Kandera, M.PH.,Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir I Gde Suranaya Pandit, MP.,serta Dekan FE  I Made Sara, S.E.,MP., mengunjungi kampus Chung Yuan Christian University (UCYCU), Taiwan, untuk membangun kerjasama berkelanjutan.

Menurut Kaca, kunjungan tersebut memiliki makna ganda, diantaranya untuk meningkatkan atmosfir akademik sebagai upaya mendukung kinerja perguruan tinggi mewujudkan visi lembaga yaitu world classuniversity pada tahun 2034 serta meningkatkan rangking Universitas Warmadewa lebih baik.

Salah satu indikator penting dalam mewujudkan akreditas A, kata Kaca adalah kerjasama international, baik dalam bentuk kerjasama riset (joint rresearch), publikasi international (jurnal) dengan indek scopus, pertukaran dosen dan mahasiswa (lecture and student exchange), serta pengembangan pengabdian pada masyarakat yang berbasis riset antar perguruan tinggi khususnya dengan perguruan tinggi international sangat mendukung perolehan akreditas tersebut. “Maka sangat perlu dilaksanakan kerjasama international dengan perguruan tinggi luar negeri, salah satunya adalah Chung Yuan Christian University di Taiwan (CYCU),” ungkapnya.

Kaca memaparkan, CYCU adalah PTS ternama dengan ranking nomor satu di taiwan dan memiliki reputasi dalam mengembangkan kewirausahaan yang telah banyak berkontribusi dalam membantu pengembangan industri kecil, menengah dan besar di Taiwan. Selain itu, lanjut dia, lembaga tersebut juga telah menjalin kemitraan untuk memberikan kontribusi nyata yang berbasis manajemen dan teknologi di beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia, yaitu dengan IPB untuk mengembangkan inkubator bisnis dan menjadi mediator kerjasama antara controlnet international inc.

Yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang EMS Energy Manajemen System, Power Grid HV substantion SCADA system, Smart Grid Feeder Automation system, Micro Grid Green Energy system, ESS Energy Storage system, IP Base HA/BA/FA Automation system, dan Sofware, Hargdware developm & integration dengan IKOPIN dalam mengembangkan pengolahan minyak kelapa sawit di jambi yang berasal dari ampas kepala sawit.

“Unwar merupakan lembaga yang ketiga di Indonesia mendapat kesempatan emas untuk melakukan kerjasama perguruan tinggi dengan CYCU,” ucapnya seraya menyebutkan kedatangan delegasi Unwar diterima langsung oleh Prof. Dr. Tsair-Wang Chung selaku Executif Operation Office For Industry-Academia Cooperation, serta President Chung Yuan Christian University Prof. Samuel K.C. Chang PhD. M.B.A.

Lebih lanjut, Kaca membeberkan butir-butir kerjasama sebagai tindak lanjut MoU antar lembaga diantaranya, Joint riset, dan lecture and student exchange membentuk entrepreneur centre di Unwar dengan mendatangkan pengajar dari CYCU, CYCU akan melakukan studi di Unwar tentang perbedaan mengajar antara Unwar dengan CYCU dan menganalisis berbagai kelemahan kedua belah pihak dalam pengajaran, pertukaran mahasiswa dan dosen “Salah satu programnya dalam jangka pendek adalah CYCU akan mengundang dua dosen ahli ekonomi dan kewirausahaan dari Unwar untuk menjadi narasumber seminar di CYCU, kemungkinan pelaksanaannya tahun 2018,” jelasnya.

Selain itu, butir kerjasama selanjutnya adalah melakukan kerjasama dalam bentuk menyalurkan investor dari Taiwan atas mediasi dan fasilitas Controlnet International Inc dengan pemerintah Daerah Bali, untuk  pendekatan ke Pemda Bali akan difasilitas oleh Dr. Nyoman Sugawa Korry,S.E.,M.M., khususnya dalam kerjasama pengolahan pertanian dan perikanan serta energy terbarukan dan panel surya, salah satu bentuk pemanfaatan panel surya adalah untuk kepentingan industri perhotelan yang nantinya dimediasi oleh Unwar. Sehingga Unwar akan menjadi pioner dalam memediasi energi panel surya dengan teknologi Taiwan di Bali dan Indonesia, serta CYCU akan membatu Unwar menembus Jurnal international dengan mengirim artikel dari Unwar dan dikirim melalui CYCU ke berbagai negara di Dunia yang memiliki reputasi scopus. (gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berhasil Raih Juara Umum II Wadokai Cup 2017, DCA Gelar Syukuran dan Tahun Baru

Sen Jan 1 , 2018
Sambut tahun baru 2018, Dojo Campuhan Asri (DCA) gelar syukuran atas keberhasilan meraih prestasi. Diantaranya, menjadi juara umum II dalam Kejuaraan Terbuka Wadokai Cup 2017 Pemuda Pancasila, yang berlangsung di GOR Lila Bhuana, Denpasar, 17-18 November 2017 lalu.