Prodi Mata Unud Gelar Baksos di Desa Songan B

Program Studi Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menggelar bakti sosial (baksos) serta pelatihan kader yang terdiri dari perwakilan masyarakat di Desa Songan B, Kintamani, Bangli, Sabtu (23/12/2017).

Seorang warga sedang memerikasakan kesehatannya.

BANGLI-fajarbali.com | Tujuan utama pengabdian tersebut untuk memberantas kebutaan menuju program vision tahun 2020 mendatang. Demikian disampaikan ketua panitia baksos dr. I Made Agus Kusumadjaja, SpM (K), di sela kegiatan.

Pihaknya juga berharap, baksos itu dapat membantu masyarakat Desa Songan B yang memiliki masalah bidang mata, dan momentum untuk membantu sesama, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu serta jauh dari pelayanan kesehatan. “Semoga apa yang kami lakukan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan,” kata Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian SMF Ilmu Kesehatan Mata FK Unud dr. I Putu Budhiastra, SpM (K)., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya baksos yang mengusung tema  ‘Pelayanan Kesehatan Mata dan Pelatihan Kader’ tersebut. Menurutnya, baksos yang disertai pelatihan kader, sangat bermanfaat bagi wakil-wakil masyarakat untuk mengenali berbagai macam penyakit mata yang sering terjadi, selain itu juga memberikan pengobatan serta kacamata gratis kepada masyarakat yang membutuhkan di Desa Songan. “Baksos ini merupakan hal yang sangat positif. Apalagi diselenggarakan serangkaian dengan hari jadi Program Studi Ilmu Kesehatan Mata yang ke-IX,” terang dia.

Menariknya, kegiatan itu langsung dihadiri oleh Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Bali, Kepala Puskesmas Desa Songan drg. I Wayan Subawa dan Kepala Lingkungan Songan B Jro Gede Masawan. Sejak layanan dibuka pagi hari, ratusan warga nampak antusias memeriksakan kondisi matanya. Dalam hitungan jam, 10 kader berhasil diberikan pelatihan dan penyuluhan tentang kesehatan mata, yang nantinya diharapkan mampu menjadi ujung tombak memberikan edukasi kepada warga lainnya.

Sementara itu, Kepala Lingkungan Desa Songan B Jro Gede Masawan, mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada tim bakti sosial yang telah datang membantu sebagai upaya meningkatkan kesehatan mata warganya. “Harapan kami masyarakat di Desa Songan mulai menyadari tentang pentingnya dalam menjaga kesehatan mata. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih, semoga kegiatan ini terus berlanjut dan semakin banyak kader-kader mata yang dicetak,” kata dia memungkasi. (gde)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tahun 2018, Kapolda Bali Fokus Berantas Mafia Tanah

Kam Des 28 , 2017
Dalam Jumpa Pers akhir tahun (28/12/2017), Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose berjanji akan fokus memberantas kasus mafia tanah yang melibatkan banyak orang.